Santri dan Politik: studi peran putra kiai di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmayanti, Nilna (2020) Santri dan Politik: studi peran putra kiai di Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nilna Rahmayanti_F52918023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjekaskan tentang peran politik putra kiai. Akhir-akhir ini, politik sangat gencar diikuti oleh banyak kalangan diantaranya yakni dari kalangan pondok pesantren. Dalam perkembangannya, politik tersebut banyak diikuti oleh anak-anak kiai atau yang biasa di sebut dengan putra kiai. Penelitian ini berfokus pada peran dan deskripsi tokoh muda Islam yakni putra kiai yang ikut andil dalam kontestasi politik di Jawa Timur. Di antaranya adalah Ahmad Athoillah yang berasal dari Jombang dan Syaikhul Islam Ali dari Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang ditelusuri meliputi data primer dan data sekunder melalui narasumber. Data-data yang dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Data tersebut akan melalui proses analisis deskriptif dan ditulis secara naratif sesuai temuan penelitian. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, menunjukkan bahwa peran politik putra kiai ini memiliki dampak yang sangat besar terhadap perkembangan dan kemajuan pondok pesantren maupun santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmayanti, Nilnanilnarahmayanti@gmail.comF52918023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Husein--2003015601
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Politik > Politik Islam
Pesantren
Keywords: Politik; Santri; Peran Gus; Elite Agama
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Rahmayanti Nilna
Date Deposited: 05 Nov 2020 23:14
Last Modified: 05 Nov 2020 23:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44888

Actions (login required)

View Item View Item