Analisis Hukum Islam terhadap pinjaman dengan jaminan buku nikah di Desa Jampes Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istikomah, Khosi' (2020) Analisis Hukum Islam terhadap pinjaman dengan jaminan buku nikah di Desa Jampes Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khosi' Istikomah_C92216169.pdf

Download (2MB)

Abstract

Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara terhadap beberapa pihak yang bersangkutan dan dokumentasi, kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah konsep pinjaman dan jaminan dalam hukum Islam. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu: pertama, rukun dan syarat jaminan dalam praktik pinjaman atau utang piutang tersebut telah terpenuhi dan barang atau benda yang digunakan sebagai jaminan dalam utang piutang tersebut adalah buku nikah yang memiliki nilai berharga, sah dan boleh digunakan dalam pinjaman. Kedua, praktik pinjaman dengan jaminan buku nikah tersebut telah memenuhi rukun dalam pinjaman, namun terdapat satu syarat yang tidak terpenuhi yaitu dalam pinjaman terdapat tambahan. Tambahan dalam pinjaman atau utang piutang tidak diperbolehkan karena meranah pada unsur riba yang memberatkan dan merugikan bagi peminjam dan hukum riba haram dalam Islam. Dengan demikian, praktik pinjaman dengan jaminan buku nikah di desa Jampes Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk hukum jaminannya yang berupa buku nikah sah dan diperbolehkan, namun praktik pinjaman tersebut harus dihindari karena mengandung riba. Sejalan dengan kesimpulan diatas, sebaiknya praktik utang piutang dengan jaminan buku nikah dilakukan dengan menggunakan prinsip syariah agar terhindar dari unsur riba yang diharamkan oleh Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istikomah, Khosi'istiqomahkhosi@gmail.comC92216169
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIdri, Idriidri_idr@yahoo.co.id2002016701
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Keywords: Jaminan; Simpan Pinjam; Buku nikah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Khosi' Khosi' Istikomah Osi
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:32
Last Modified: 19 Nov 2020 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44892

Actions (login required)

View Item View Item