Moderasi Beragama di SMA Negeri 1 Krembung-Sidoarjo : suatu pendekatan Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi tantangan ekstrimisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Ulfatul (2020) Moderasi Beragama di SMA Negeri 1 Krembung-Sidoarjo : suatu pendekatan Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi tantangan ekstrimisme. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfatul Husna_F12318129.pdf

Download (2MB)

Abstract

Agama apapun di dunia ini membawa misi kedamiaan, keselarasan hidup, untuk seluruh makhluk, baik antar bsolu manusia, alam, maupun dengan Tuhan. Terminologi itu dalam Islam adalah rahmatan li al ‘alamin (rahmat bagi seluruh alam). Akan tetapi faktanya, dalam tataran sejarah, tidak semua misi agama itu artikulatif. Masih banyak praktik keberagamaan yang jauh dari misi agama itu sendiri. Ekstrimisme, fundamentalisme, eksklusivisme yang saat ini sudah banyak menghinggapi para remaja sekolah tingkat atas menjadi salah satu penyebabnya. Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam hal ini mengambil peran penting dalam pengarusutamaan moderasi beragama di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: pertama: Bagaimana desain moderasi beragama di SMA Negeri 1 Krembung; kedua:Bagaimana perilaku dan pemahaman siswa terhadap moderasi beragama di SMA Negeri 1 Krembung?; ke tiga : Bagaimana implementasi dan implikasi moderasi beragama di SMA Negeri 1 Krembung?. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study) menggunakan metode fenomenologi, memusatkan perhatian pada satu objek yaitu moderasi beragama sebagai sebuah kasus untuk dikaji secara mendalam sehingga mampu membongkar realitas di balik fenomena tersebut.Hasil penelitian menunjukkan desain moderasi beragama di SMAN 1 Krembung dengan pendekatan persuasi dan preventif, mampu meredam gejolak ekstrimisme. Moderasi beragama yang didesain guru PAI dalam pembelajaran dan pengembangan PAI, mampu menyadarkan peserta didik akan keberagaman sebagai sebuah kehendak Tuhan yang tidak dapat dinafikan. Realitas keberagamaan di SMA Negeri 1 Krembung memperlihatkan keberagmaaan yang moderat dan menerima keberagaman. Akan tetapi terkadang masih diwarnai pernak pernik fanatisme dan bsolutism oleh beberapa guru dan peserta didik dalam mengajarkan agama dan beragama, sehingga pada proses pengimplementasiannya kurang menunjukkan jati diri sebagai pemeluk agama yang rahmah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Ulfatululfahusna1974@gmail.comF12318129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Moderasi; Pendidikan Agama Islam; Ekstrimisme.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ULFATUL HUSNA
Date Deposited: 06 Nov 2020 07:47
Last Modified: 06 Nov 2020 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44899

Actions (login required)

View Item View Item