Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam konteks toleransi di Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aman, Abu (2020) Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam konteks toleransi di Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abu Aman_D01216001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan dalam rumusan masalah, antara lain: (1) Bagaimana Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Toleransi di Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur? Dan (2) Bagaimana Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Toleransi di Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur?. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan terjun langsung ke lapangan dan melakukan wawancara terhadap beberapa tokoh agama, mahasiswa, pendidik, dan penduduk setempat. Penelitian ini berlangsung di Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Adapaun teknik pengumpulan data pada penelitian ini, adalah observasi, dan wawancara lansung dan wawacara secara online. Sedangkan untuk analis atau pengolahan data menggunakan reduksi data (reduction data), penyajian data (data display), serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah (1) Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Toleransi di Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan (2) Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Toleransi di Desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nilai-nilai pendidikan agama Islam berdasarkan aktivitas beragama, umat Islam dan umat Kristen di desa Pariti, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, sebagai mestinya bisa menjalankan ibadah masing-masing dengan harmonis, tanpa ada tindakan diskriminasi. Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam kacamata toleransi menunjukkan masyarakat Pariti yang beragama Kristen sesuai dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam ketika berhubungan dengan orang Islam di pariti. Adapun dalam kehidupan sehari-hari sebagai umat Islam dan Kristen, implementasi nilai-nilai pendidikan agam Islam tetap terjalin dengan sikap-sikap menghargai, mencintai, menghormati, dan menyayangi. Masyarakat desa Pariti tetap menjalani silaturahmi sesama warga Pariti, baik agama Islam dan agama Kristen. Selain itu, juga melakukan aktivitas bersama dalam setiap kegiatan bermasyarakat dan kegiatan keagamaan, tanpa menghilangkan toleransi beragama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aman, Abuabuaman1507@gmail.comD01216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutikno, SutiknoNohsutik@yahoo.co.id2006086803
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin7172@gmail.com2015087202
Subjects: Pendidikan Islam
Toleransi Islam
Toleransi
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Toleransi; Desa Pariti.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S, Pd ABU AMAN ABU AMAN
Date Deposited: 07 Nov 2020 07:10
Last Modified: 07 Nov 2020 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44901

Actions (login required)

View Item View Item