Penerapan program wajib mengaji anak usia dini dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa PAUD Mambaul Ulum Panjunan Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khalifaturohma, Siti Hajah (2020) Penerapan program wajib mengaji anak usia dini dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa PAUD Mambaul Ulum Panjunan Waru Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Hajah Khalifaturohma_F12318128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang bagaimana penerapan program wajib mengaji anak usia dini di sekolah PAUD Mambaul Ulum dalam meningkatkan kualitas bacaan al-Qur’an siswa, serta apa saja faktor pendukung maupun penghambat dalam penerapan program wajib mengaji tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrumen tunggal. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa Penerapan Program Wajib Mengaji Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa PAUD Mambaul Ulum Panjunan Waru Sidoarjo berpedoman pada permendikbud nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum pendidikan anak usia dini sebagai turunan dari kurikulum PAUD TPQ. Tujuan penerapan program ini adalah mengajarkan cara membaca al-Qur’an yang benar sehingga siswa dapat membaca al-Qur’an secara tartil dan melalui penanaman cinta al-Qur’an sejak dini dapat memberikan pembiasaan pendidikan karakter sehingga anak terbiasa menjalani kehidupan yang islami. Dalam pelaksanaan pembelajarannya, PAUD Mambaul Ulum mengadopsi metode Qiraati yang terdiri dari 3 tahap paten, yaitu pembuka, inti, dan penutup. Hasil penerapan program wajib mengaji terhadap kualitas bacaan al-Qur’an siswa secara umum meningkat, terbukti tahun ini ada 5 siswa sudah mencapai target lulus PAUD minimal jild 4 dalam rentan usia 3-4 tahun. 4 siswa di jilid 4 dan 1 siswa di kelas Gharib. Rata-rata anak PAUD yang jilidnya tinggi seperti jilid 4, 3, 2, dan Gharib juga berprestasi di sekolahnya. Mereka sudah bisa membaca buku cerita dan mengenal angka. Adapun faktor penghambat penerapan Program ini adalah kurangnya keaktifan guru, kurangnya penguasaan guru dalam metodologi pembelajaran, sedikitnya jumlah Ustadzah Pentashih, kurangnya kesiapan dan kemampuan Anak, kesibukan orang tua, perubahan mood anak, kurangnya konsentrasi, dan adanya wabah Covid-19. Sedangkan sarana prasarana yang memadai, pembinaan kompetensi guru, adanya evaluasi bulanan, dukungan dan tirakat orang tua, serta dukungan masyarakat merupakan faktor pendukung program ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khalifaturohma, Siti Hajahsitihajahkhalifaturohma@gmail.comF12318128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Program Wajib Mengaji Anak Usia Dini; Kualitas Bacaan Al-Qur’an.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Hajah Khalifaturohma
Date Deposited: 06 Nov 2020 07:13
Last Modified: 06 Nov 2020 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44903

Actions (login required)

View Item View Item