الكلام الخبري في سورة الصافّات الكريمة: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Asyifa' Nur Arfiani (2020) الكلام الخبري في سورة الصافّات الكريمة: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asyifa' Nur Arfiani Arifin_A01216008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kalam khabari adalah pembicaraan yang mengandung kemungkinan benar dan bohong semata-mata dilihat dari pembicaraan itu sendiri. macam-macam kalam khabari ada tiga; ibtida’i , tholabi, dan inkari. Surat as-saffat adalah surat ke-37 dalam al-qur’an. Surat ini terdiri dari 182ayat. Termasuk surat Makiyah. Dinamai “as-saffat” karena diambil dari kata pada ayat permulaan surat ini yang menceritakan bagaimana para malaikat yang bersih jiwanya berbaris di hadapan Tuhannya di mana mereka tidak dapat digoda oleh setan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ilmu Balaghah. Data yang dihasilkan berupa kata-kata dalam bentuk ayat-ayat al-Qur’an dari surat as-saffat. Ada 83 kalimat berkategori kalam khobari dalam surat as-saffat, meliputi; 31 ibtidai, 37 tholabi, dan 15 inkari. Adapun tujuan kalam khabari dalam surat as-saffat yang mempunyai makna tersembunyi, meliputi; 22 kalimat wa’d , 12 kalimat fakhr, 4 kalimat idharu dhoif, dan 1 kalimat istirham.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Asyifa' Nur Arfianiarfianinur95@gmail.comA01216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Al Qur'an
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kalam Khabari; Surat as-saffat.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Arifin Asyifa' Nur Arfiani
Date Deposited: 07 Nov 2020 07:41
Last Modified: 07 Nov 2020 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44908

Actions (login required)

View Item View Item