Bibel sebagai Sumber Tafsir: studi Inter-Tekstualitas dalam The Holy Qur’an: Text, Translation And Commentary karya Abdullah Yusuf Ali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmawati, Nur Anis (2020) Bibel sebagai Sumber Tafsir: studi Inter-Tekstualitas dalam The Holy Qur’an: Text, Translation And Commentary karya Abdullah Yusuf Ali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Anis Rochmawati_E93216138.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian skripsi merujuk pada karya Abdullah Yusuf Ali berjudul The Holy Qur’an: Text, Translation and Commentary. Pengamatan awal diarahkan pada biografi akademik, relasi kesejarahan Alquran-Bibel, serta titik temu antar keduanya. Penelitian ini bertujuan menelisik pandangan Yusuf Ali terhadap Bibel sebagai salah satu sumber tafsir, juga model dan aplikasi kutipan dalam kitabnya. Pendekatan kualitatif dan jenis kepustakaan (library research) diterapkan dengan bantuan sumber data yang dikumpulkan secara dokumentasi dari literatur yang mengacu pada tema pembahasan. Analisa data bersifat historis kritis, bekerja untuk mengupas kerangka kutipan Bibel dan menemukan pandangan Yusuf Ali. Sedangkan metode analisa mengacu pada deskriptif-analitis, objek penelitian diuraikan secara komprehensif.Hasil penelusuran menunjukkan bahwa kerangka kerja kutipan Bibel sebagai sumber tafsir cukup apresiatif. Relasi yang ada mampu menggambarkan persoalan dalam kitab suci dengan lebih terperinci. Terkait pandangan Yusuf Ali, pembahasan dipetakan menjadi tiga sub, yakni metode berpikir, latar belakang serta dasar pengutipan Bibel. Sedangkan interteks dalam tafsirnya diklasifikasi menjadi dua-model dan aplikasi, yang selanjutnya dianalisis untuk mengetahui muatan relasi. Terakhir, hubungan antar kitab suci dikontekstualisasikan dengan realitas ditengah masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmawati, Nur Anisnuranis189@gmail.comE93216138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Agama
Al Qur'an
Toleransi
Keywords: Bibel; Inter-tekstualitas; The Holy Qur’an.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nur Anis Rochmawati
Date Deposited: 07 Nov 2020 08:12
Last Modified: 07 Nov 2020 08:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44916

Actions (login required)

View Item View Item