Penerapan kurikulum muatan lokal keagamaan dan dampaknya terhadap pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Kerja Kecamatan Gudo Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufida, Zahrotul (2020) Penerapan kurikulum muatan lokal keagamaan dan dampaknya terhadap pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Kerja Kecamatan Gudo Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrotul Mufida_F12318131.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menurunnnya moral dan sikap siswa merupakan salah satu probematika pendidikan saat ini, salah satu upaya pemerintah Kabupaten Jombang dalam meningkatkan karakter siswa dengan menerapkan kurikulum muatan lokal keagamaan. Dalam penelitian ini membahas tentang penerapan kurikulum muatan lokal keagamaan dan dampaknya dalam pengembangan siskap spiritual dan sikap sosial SD Negeri di wilayah kerja Kecamatan Gudo. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan kurikulum muatan lokal keagamaan pada SD Negeri di wilayah kerja Kecamatan Gudo? 2) Bagaimana dampak penerapan kurikulum muatan lokal keagamaan dalam pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan kurikulum muatan lokal keagamaan?.Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sementara itu, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik FGD (Forum Group Discussion), wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai penerapan kurikulum muatan lokal keagamaan dan dampaknya dalam pengembangan siskap spiritual dan sikap sosial SD Negeri di wilayah kerja Kecamatan Gudo menunjukkan bahwa penerapan kurikulum muatan lokal keagamaan sesuai dengan juknis yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang dengan menambah kegiatan- kegiatan penunjang keagamaan. Dan penerapan kurikulum muatan lokal keagamaan tersebut memiliki dampak terhadap pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa, diantaranya meningkatnya ketaqwaan siswa dalam beribadah, sikap sopan santun kepada guru dan temannya, dan lain sebagainnya.Sedangkan faktor pendukung dari penerapan kurikulum muatan lokal keagamaan ini diantaranya adalah dukungan penuh dari seluruh civitas sekolah dalam kegiatan keagamaan, dan faktor penghambatnya diantaranya yaitu kurangnya sarana prasarana keagamaan, minimnya dukungan orang tua, dan minimnya kemampuan siswa tentang keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufida, Zahrotulmufidazahrotul7@gmail.comF12318131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorBakar, Yunus Abuelyunusy@gmail.com2015026502
Subjects: Kurikulum
Keywords: Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Keagamaan; Sikap Sosial; Sikap Spiritual.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahrotul Mufida
Date Deposited: 09 Nov 2020 00:14
Last Modified: 09 Nov 2020 00:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44924

Actions (login required)

View Item View Item