Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi non akademik siswa di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agusty, Andree Putra (2020) Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi non akademik siswa di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andree Putra Agusty - D93216072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi non akademik siswa di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai manajemen kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo, peningkatan prestasi non akademik siswa di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo, dan manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi non akademik siswa di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peningkatan prestasi non akademik di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo sudah dilaksanakan dengan baik. Pernyataan itu sesuai dengan hasil dari piagam dan piala yang diperoleh peserta didik yang tersimpan di lemari kaca. Pengukuran prestasi non akademik di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo melalui pembina ekstrakurikuler dan membandingkan jumlah dari hasil prestasi yang diperoleh pada setiap tahunnya. Jenis potensi prestasi non akademik siswa paling banyak di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo berjenis olah gerak seperti futsal, voli, dll. Faktor yang mempengaruhi prestasi non akademik di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo adalah kepribadian, minat, keluarga, sarana dan prasarana, kesehatan, pelatih, motivasi, apresiasi, pendanaan, dan prestasi. Upaya yang dilakukan oleh sekolah dengan menyediakan fasilitas penunjang dan membuat program yang dapat membantu meningkatkan prestasi non akademik. Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam peningkatan prestasi non akademik di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo menghasilkan hasil yang baik. SMAN 1 Gedangan Sidoarjo membuat program penunjang untuk meningkatkan prestasi non akademik. Program itu adalah pendaftaran melalui jalur prestasi, GoCap, dan student day. SMAN 1 Gedangan Sidoarjo juga memperhatikan faktor – faktor agar manajemen kegiatan ekstrakurikuler dapat berjalan efektif dan efisien yaitu: mengikutsertakan peserta didik untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler, memenuhi fasilitas penunjang, dan mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agusty, Andree Putraagustyandree@gmail.comD93216072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen kegiatan Ekstrakurikuler; Peningkatan Prestasi Non Akademik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Andree Putra Agusty
Date Deposited: 07 Nov 2020 13:39
Last Modified: 07 Nov 2020 13:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44930

Actions (login required)

View Item View Item