Tradisi Bhubuwan dalam Perspektif Manajemen Islam: studi di Desa Sukolilo Timur Kecamatan Labang Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muaddin, Muaddin (2020) Tradisi Bhubuwan dalam Perspektif Manajemen Islam: studi di Desa Sukolilo Timur Kecamatan Labang Bangkalan. Masters thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muaddin_F02418151.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana sebenarnya tradisi bhubuwan yang terjadi dalam masyarakat Sukolilo Timur dan mengacu pada sumber data penelitian, analisis data penelitian, dan uji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep tradisi bhubuwan di desa Sukolilo Timur adalah praktek saling menyumbang uang dalam acara hajatan baik berupa pernikahan atau hanya sekedar tasyakuran, acara tesebut dinamakan to’oto’ dan remoh, sumbangan yang diadakan pada acara tersebut berupa hutang yang berkesinambungan yang harus dikembalikan dengan ukuran yang sama. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen yang diterapkan pada tradisi ini masih tradisional namun tetap berhubungan dengan fungsi fungsi manajemen seperti planning, organizing, actuating dan controlling, dalam organisasi ini juga terdapat sruktur organisasi yaitu ketua, sekretaris atau carek, tokang tarap (juru pungut) dan anggota. Masing masing memiliki tugas dan wewenang. Dalam prespektif manajemen Islam prakek yang ada dalam tardisi tersebut mengandung nilai nilai keislaman seperti amar makruf nahi mungkar, keterbukaan/tansparansi, kejujuran, kemanusiaan dan keadilan. Setiap nilainya tercermin dalam seluruh aspek manajemen maupun aturan yang ada di dalam tradisi tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muaddin, Muaddinmuaddzinhasyim@gmail.comF02418151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, A. Faishalafhaq@yahoo.co.id dan faishalhaq50@gmail.com2020055001
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Bhubuwan; Hutang; Manajemen Islam.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muaddin Muaddin
Date Deposited: 09 Nov 2020 03:50
Last Modified: 09 Nov 2020 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44940

Actions (login required)

View Item View Item