الأفعال المزيدة و فوائدها في سورة الإسراء (دراسة صرفية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarofah, Anis Khalimatus (2020) الأفعال المزيدة و فوائدها في سورة الإسراء (دراسة صرفية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Khalimatus Syarofah_A91216065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilmu sharaf adalah salah satu ilmu untuk mengkaji Bahasa Arab dan objek kajiannya membahas tentang perubahan kata dari satu bentuk ke bentuk lain. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengkaji tentang fi’il mazid yang merupakan bagian dari ilmu sharaf. Fi’il mazid yaitu fi’il atau kata kerja yang terdapat tambahan huruf selain huruf aslinya yang memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan penggunaan kata didalam kalimat, dan dalam hal ini penulis penulis meneliti tentang fi’il mazid yang terdapat surah al-Isra’, untuk mengetahui fungsi penggunaan fi’il-fi’il mazid dalam surah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun pokok permasalahan dalam pembahasan ini: 1. Macam-macam fi’il mazid dalam surah al-Isra’. 2. Makna atau faidah fi’il mazid yang terdapat dalam surah al-Isra’. Adapun kesimpulan dari penelitian pada surah al-Isra’ ini adalah terdapat 72 kata yang terdiri dari 60 fi’il tsulatsi mazid biharfin (tambahan satu huruf) dengan wazan أفعل ditemukan 36 kata, wazan فعّل terdapat 21 kata, dan wazan فاعل terdapat 3 kata, dan fi’il tsulatsi mazid biharfain (tambahan dua huruf) berjumlah 10 kata dengan wazan افتعل ditemukan 9 kata dan wazan تفعّل hanya satu kata, sedangkan fi’il tsulatsi mazid bi tsalatsati ahruf (tambahan tiga huruf) ditemukan hanya pada satu wazan yaitu wazan استفعل yang terdiri dari 2 kata. Faidah-faidah yang terkadung dalam fi’il mazid pada surah al-Isra’ diantaranya adalah bima’na li al-ta’diyah, bima’na li al-shoiruoh, bima’na li al-ta’ridh, bima’na li al-taktsir, bima’na al-ittikhodz, bima’na li al-muthowa’ah, bima’na li-al-tholbi, bima’na li ma’na af’ala, bima’na li al-musyarokah, dan bima’na lima’na fi’il al-mujarrod.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarofah, Anis Khalimatusanishalimah67@gmail.comA91216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShodiq, Machfud Muhammadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Morfologi
Al Qur'an
Linguistik
Keywords: Af’alu al-Mazidah; Makna; Surah al-Isra’.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Anis Khalimatus Syarofah
Date Deposited: 09 Nov 2020 10:52
Last Modified: 09 Nov 2020 10:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44955

Actions (login required)

View Item View Item