Pengaruh penerapan Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku sosial keagamaan peserta didik Kelas 6 SDN Simomulyo I Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badar, Mochamad Solehuddin (2020) Pengaruh penerapan Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku sosial keagamaan peserta didik Kelas 6 SDN Simomulyo I Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Solehuddin Badar_F12318124.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kajian tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan keagamaan di SDN Simomulyo I Surabayaseperti tartil suroh-suroh juz‘amma, lantunan asmaul husna, shalat berjamaahdan infaq . Apakah dengan adanya kegiatan keagamaan tersebut di sekolah, dapat mempengaruhi perilaku sosial keagamaan peserta didik ? Adapun penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan Pendidikan Agama Islam di SDN Simomulyo I Surabaya ? (2) Bagaimana perilaku sosial keagamaan peserta didik kelas 6 SDN Simomulyo I Surabaya ? (3) Adakah pengaruh terhadap perilaku sosial keagamaan peserta didik setelah mengikuti kegiatan keagamaan tersebut ? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian studi lapangan yang dilaksanakan di kelas 6 SDN Simomulyo I Surabaya, dengan responden sebanyak 36siswa. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dengan cara penyebaran angket dengan jumlah soal 30 dan diberikan kepada 36siswa kelas 6. Semua data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik deskriptif yaitu menggunakan teknik analisis korelasi product moment yang kemudian dianalisis untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Kajian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas 6 SDN Simomulyo I Surabayamemiliki nilai rata-rata = 41,31. Hal ini menunjukkan bahwa intensitas peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan termasuk dalam kategori Tinggi, yaitu berada pada interval nilai 31– 45. (2) Perilaku sosial keagamaan peserta didik kelas 6 SDN Simomulyo I Surabayamemiliki nilai rata-rata = 37,83. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku sosial keagamaan peserta didik termasuk dalam kategori Tinggi, yaitu berada pada interval nilai 31 – 45. (3) Ada Pengaruh dari variabel X (Penerapan Pemdidikan Agama Islam) terhadap variabel Y (Perilaku Sosial Keagamaan Peserta Didik Kelas 6 SDN Simomulyo I Surabaya). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Terdapat Pengaruh yang Positif dan Signifikan antaraPenerapan Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku sosial keagamaan peserta didikkelas 6 SDN Simomulyo I Surabayaditerima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badar, Mochamad Solehuddinms_badar@yahoo.co.idF12318124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Thesis advisorHuda, M. Samsulsyamsulh@uinsby.ac.id2029037201
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Perilaku
Keywords: PAI; Sosial Keagamaan; Peserta didik.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochamad Solehuddin Badar
Date Deposited: 09 Nov 2020 00:01
Last Modified: 09 Nov 2020 05:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44959

Actions (login required)

View Item View Item