Analisis Hukum Islam terhadap sewa tempat dalam Program SRC (Sampoerna Retail Community) di Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Mukhammad Afif (2020) Analisis Hukum Islam terhadap sewa tempat dalam Program SRC (Sampoerna Retail Community) di Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukhammad Afif Abdillah_C02214030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang datanya dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data tersebut selanjutnya di analisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola fikir deduktif yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan terlebih dahulu secara jelas semua data yang ada untuk dikaji, kemudian disusun secara sistematis untuk dianalisis dengan menggunakan hukum islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, dalam praktik sewa tempat dalam program SRC (Sampoerna Retai Community) di Taman Sidoarjo, pihak sampoerna mendatangi pihak toko untuk menawarkan program SRC tersebut dengan perjanjian kontrak tanpa batas waktu dan toko diberi uang kompensasi sebasar Rp. 100.000,- per bulan dengan ketentuan dan syarat bahwa toko harus direnovasi sesuai dengan arahan dari pihak sampoerna. Dalam hal ini banyak pihak toko yang tertarik dan mengikuti program SRC. Kedua, praktik sewa tempat dalam program SRC (Sampoerna Retai Community) ini telah sesuai dengan hukum islam karena sudah memenuhi rukun dan syarat sahnya akad, dimana pelaku akad sudah ‘a>qil bali>gh dan terdiri dari dua pihak, objek akad jelas dan diketahui para pihak. Adapun dalam hal yang dapat membatalkan akad ija>rah, walaupun akad ijarah dapat batal secara otomatis, akan tetapi menurut Ulama Hanafiyah tidak dapat batal secara otomatis karena ijarah bersifat mengikat. Sejalan dengan kesimpula diatas maka, pertama; pihak sampoerna sebaiknya memberikan penjelasan yang sebenar-benarnya kepada pihak toko tentang program yang ditawarkan, kedua; pihak toko sebaiknnya lebih kritis dalam menanyakan progran yang ditawarkan agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Mukhammad Afifafifabdillah0495@gmail.comC02214030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisoral-Hamidy, Abu Dzarrinadzarrin2015@gmail.com ; dzar_alif@yahoo.co.id2004067302
Subjects: Sewa
Keywords: SRC; Sampoerna Retai Community; Sewa menyewa.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mukhammad afif abdillah Abdillah
Date Deposited: 10 Nov 2020 00:24
Last Modified: 10 Nov 2020 00:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44963

Actions (login required)

View Item View Item