Inovasi program pendidikan kewirausahaan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 di SMA Negeri 16 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Nur (2020) Inovasi program pendidikan kewirausahaan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 di SMA Negeri 16 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Isnaini_D93216058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi program pendidikan kewirausahaan di SMA Negeri 16 Surabaya dalam menghadapi dampak dari revolusi industri 4.0 yakni mempersempitnya lapangan pekerjaan dan banyaknya pengangguran dikarenakan tergantinya sumber daya manusia menjadi mesin dan teknologi . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 16 Surabaya dengan melibatkan seluruh anggota program kewirausahaan Student Company. Hasil dari penelitian diantaranya; (1)Inovasi program pendidikan kewirausahaan di SMA Negeri 16 Surabaya berjalan dengan baik yang ditunjukkan berdasarkan data dilapangan bahwa terdapat pembaharuan di dalam program pendidikan kewirausahaan di SMA Negeri 16 Surabaya dengan menfokuskan program pada kemampuan anak membangun sebuah perusahaan, (2) Cara mengahadapi revolusi industri 4.0 di SMA Negeri 16 Surabaya diantaranya yakni meningkatkan kemampuan responsibility sumber daya manusia, memberikan pembelajaran yang inovatif, membekali soft skill maupun hard skill kepada peserta didik terutama dalam bidang kewirausahaan agar peserta didik mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri, (3) Inovasi program pendidikan kewirausahaan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 disini yakni dengan melalui program pendidikan kewirausahaan (Student Company) dimana peserta didik dibekali ilmu dalam berbisnis yang tidak hanya sekedar membuka usaha namun juga membangun sebuah perusahaan agar mampu mengatasi tantangan era revolusi industri 4.0, yang didalamnya terdapat 80% praktik mengenai kewirausahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Nurnurisaini1507@gmail.comD93216058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlisah A.M, Mukhlisah A.Mmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@gmail.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pendidikan Kewirausahaan; Revolusi Industri 4.0, dan Inovasi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: nur isnaini
Date Deposited: 09 Nov 2020 23:29
Last Modified: 11 Nov 2020 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44974

Actions (login required)

View Item View Item