Inovasi Madrasah melalui pengembangan bakat dan minat siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Nurul (2020) Inovasi Madrasah melalui pengembangan bakat dan minat siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hasanah_ D93216087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan inovasi madrasah yang dilakukan dengan cara melalui pengembangan bakat dan minat di MAN 1 Magetan. Fokus penelitian ini yaitu tahap inisiasi, pengelolaan program inovasi madrasah, dan metode yang digunakan dalam melakukan inovasi madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap inisiasi dilakukan dengan melihat kondisi dan kebutuhan madrasah, mengetahui pentingnya melakukan inovasi, mencari dan memanfaatkan peluang dan dilanjutkan dengan melakukan proses keputusan inovasi. Proses keputusan inovasi menghasilkan keputusan bahwa inovasi madrasah dilakukan fokus pada penerapan program untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. (2) Inovasi madrasah melalui pengembangan bakat dan minat siswa dilakukan dengan menerapkan program-program yang dikelola dengan baik mengacu pada fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang mengasilkan desain sasaran dan waktu pelaksanaan yang berbeda pada setiap programnya, menyesuaikan bidang program dan kapasitas bahan pengembangannya. Program inovasi madrasah tersebut yaitu Program Pengembangan Diri, Program Madrasah Penyelenggara SKS, Program Kelas dan Program Madrasah Penyelenggara Keterampilan (3) Inovasi yang diselenggarakan dimulai dari mencari dan memilih program didalamnya, melalui dua cara yang sesuai dengan model inovasi pendidikan yaitu top down model dan bottom up model.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Nurulnurulhasanah982202@gmail.comD932160876
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.id2025127601
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Inovasi Madrasah; Pengembangan; Bakat dan minat siswa.
Depositing User: nurul hasanah
Date Deposited: 10 Nov 2020 07:22
Last Modified: 10 Nov 2020 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44982

Actions (login required)

View Item View Item