Penguatan soft skill guru Pendidikan Agama Islam: studi Kasus di Madrasah Aliyah Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugraha, Agus (2020) Penguatan soft skill guru Pendidikan Agama Islam: studi Kasus di Madrasah Aliyah Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agus Nugraha_F02318069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan Soft Skill guru PAI di madrasah Aliyah Fadllillah. Madrasah merupakan salah satu jembatan yang dilalui generasi muda dalam membentuk kepribadian dan etika bangsa, maka perlu adanya program untuk mengembangkan Soft Skill Guru PAI. Sebagai tempat penelitian adalah Madrasah Aliyah Fadllillah yang bernaung pada Yayasan Pondok Pesantren Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo, pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dipergunakan untuk memperoleh data teoritik maupun empirik. Pengumpulan data teoritik dilakukan melalui studi pustaka (library research), sedangkan pengumpulan data empirik menggunakan teknik 1. Interview (Wawancara), 2. Observasi Partisipan, 3. Studi Dokumentasi dan untuk menganalisis data penelitian, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Dalam pengembangan Soft Skill guru PAI di Madrasah Aliyah Fadllillah dilatar belakangi oleh evaluasi bulanan yang dilaksanakan tiap bulan, mendapati beberapa hasil laporan mengenai penampilan, perilaku, sikap, mental sebagai guru dan juga cara berkomunikasi yang kurang maksimal khususnya dari kalangan guru PAI. Dalam strategi pengembangan Soft Skill guru PAI di MA Fadllillah ada 6 program/kegiatan; 1. Etiquette, 2. Khutbatul ‘Arsy, 3. Ziarah, 4. Muhadlarah, 5. Ngaji Shubuh, 6. Sholawat Diba’. Pada kendala yang dihadapi dalam mengembangkan Soft Skill guru PAI di MA Fadllillah, fasilitas yang kurang memadai dan juga masih sangat terbatas, kesadaran guru PAI akan kewajiban dan tugasnya sebagai guru PAI, dan pendanaan yang kurang maksimal dalam menunjang untuk pengembangan soft Skill guru PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugraha, Agusagussumardinata@gmail.comF02318069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Subjects: Guru
Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Soft Skill; Guru PAI.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nugraha Agus
Date Deposited: 12 Nov 2020 04:17
Last Modified: 12 Nov 2020 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44992

Actions (login required)

View Item View Item