Analisis Ilmu Falak tehadap akurasi arah kiblat masjid-masjid di Desa Sukodono Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoaro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaini, Mohammad Ali (2020) Analisis Ilmu Falak tehadap akurasi arah kiblat masjid-masjid di Desa Sukodono Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoaro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Ali Zaini_C08216011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan pengambilan data melalui lapangan artinya data-data yang dikumpulkan dari lapangan meliputi metode penentuan arah kiblat dari Lima Masjid di Desa Sukodono melalui teknik penggalian data dengan wawancara dan observasi. Kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif untuk memaparkan data hasil penelitian mengenai metode hisab dan metode pengukuran yang digunakan dalam menentukan arah kiblat Lima Masjid dan teknik verifikatif untuk memverifikasi selisih arah kiblat arah kiblat Lima Masjid yang sekarang dengan arah kiblat Masjid yang berdasarkan metode hisab azimut dengan metode pengukuran alat teodolit, GPS dan mizwandroid. Dari lima Masjid di Desa Sukodono menjadi objek penelitian, terdapat Satu Masjid ialah Masjid al-Ukhuwwah menggunakan metode dan pengukuran arah kiblat berdasarkan standarisasi ilmu falak yaitu metode bayang-bayang Matahari. Sedangkan Tiga Masjid ialah Masjid Baitul Huda, Masjid An-Nur dan Masjid Riyadus Sholihin menggunakan metode dan pengukuran arah kiblat dengan metode kompas sebagaimana juga termasuk kategori alat-alat ilmu falak tetapi alat kompas ini sebagai perkiraan petunjuk arah bukan alat utama untuk pengukuran arah kiblat. Satu Masjid yang lain ialah Masjid Baitul Muttaqin ini berawal dari arah kiblat bangunan musala terdahulu yang berpedoman pada terbit dan tenggelamnya Matahari untuk mengetahui arah Barat dan Timur, namun metode ini tidak akurat dalam pengukuran arah kiblat. Setelah penulis melakukan observasi Masjid-masjid di Desa Sukodono menggunakan metode azimut dengan alat teodolit, GPS dan mizwandroid terdapat kemelencengan antara 1º sampai 6º dalam tingkatan kurang akurat. Hal ini dipengaruhi oleh metode penentuan arah kiblat Masjid-masjid yang digunakan terhadap kondisi lingkungan kurang mendukung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaini, Mohammad Alializainilicek@gmail.comC08216011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. Muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Falak
Keywords: Ilmu Falak; Arah Kiblat; Penetuan Arah Kiblat.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Mohammad Ali Zaini
Date Deposited: 01 Apr 2021 11:30
Last Modified: 01 Apr 2021 11:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44997

Actions (login required)

View Item View Item