Peranan kegiatan Shalawat dalam pembentukan karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robika, Sholi (2020) Peranan kegiatan Shalawat dalam pembentukan karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sholi Robika_F12318127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari banyaknya kasus seorang siswa atau pelajar yang terjerumus terhadap kegiatan-kegiatan yang tidak positif yang membawa dampak yang begitu mengerikan terhadap perkembangan pendidikan karakter peserta didik. Sehingga banyak pula peserta didik yang dinilai tidak mempunyai karakter siswa yang aik dan mulai meninggalkan nilai-nilai kesantunan. Dari situlah penelitian ini mengkaji tentang Peranan Kegiatan Sholawat dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada, yakni keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Sedangkan teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah metode Oservasi, Wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kegiatan Shalawat yang dilakukan di MAN Kota surabaya membawa dampak atau pengaruh besar terhadap sebuah pembentukan karakter siswa. Dalam hal ini, pemicu pembentukan karakter tersebut adalah dari mulai pembiasaannya, isi kegiatannya, suasana ketika melaksanakan kegiatan, keaktifan dan kondisi sosial yang ada pada kegiatan tersebut merupakan pemicu-pemicu terbentuknya karakter potensi diri yang baik pada siswa. kegiatan shalawat ini mampu membawa para anggotanya untuk senantiasa mengingat dan meniru pribadi Rasulullah, insan yang telah berjasa luar biasa yang telah diakui akan suri tauladannya, yang ujungnya akan membentuk karakter yang baik pada siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robika, Sholi--F12318127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Kegiatan Shalawat; Pembentukan karakter; Karakter Potensi diri.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sholi Robika
Date Deposited: 17 Nov 2020 12:03
Last Modified: 17 Nov 2020 12:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45015

Actions (login required)

View Item View Item