Pengaruh Konseling Islam melalui teknik Token Economy untuk mengurangi kemalasan belajar kitab terhadap santri di YPPP an-Nuriyah Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Warda, Anis Sulala (2020) Pengaruh Konseling Islam melalui teknik Token Economy untuk mengurangi kemalasan belajar kitab terhadap santri di YPPP an-Nuriyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Warda Anis Sulala_B93216101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses konseling islam melalui teknik token economy dan seberapa besar pengaruh konseling islam melalui teknik token economy untuk mengurangi kemalasan belajar kitab. Untuk menjawab kedua persoalan diatas, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menjabarkan rumusan masalah yang pertama dan menggunakan penelitian kuantitatif untuk menganalisis rumusan masalah yang kedua dengan menggunakan jenis penelitian pra eksperimen . Peneliti menggunakan analisis Uji Wilcoxon Matches Pairs Test. Berdasarkan 3 indikator yang ditentukan, yakni sikap kedisiplinan seseorang, faktor internal, dan faktor eksternal. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai z sebesar -2.524 dan angka Asymp Sig . (2-tailed) sebesar 0,012. Karena diperoleh hasil nilai p value lebih kecil daripada nilai signifikansi, yaitu 0,012 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Tingkat pengaruh santri dalam mengikuti keikutsertaan kegiatan pengajian kitab dapat dilihat dari nilai pretest dan post test, pada nilai pretest mendapatkan nilai sebesar 913 dan mengalami peningkatan pada hasil nilai posttest sebesar 1076. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh konseling islam melalui teknik token economy untuk mengurangi kemalasan belajar kitab di YPPP. An-Nuriyah Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Warda, Anis Sulalaelachikka39@gmail.comB93216101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLayla, Faizah Noerelachikka39@gmail.com2011126001
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Teknik token economy; kemalasan belajar kitab.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Warda Anis Sulala
Date Deposited: 15 Nov 2020 09:30
Last Modified: 15 Nov 2020 09:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45022

Actions (login required)

View Item View Item