Absurdism Depicted in Kazuo Ishiguro's Never Let Me Go

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Miftahul (2020) Absurdism Depicted in Kazuo Ishiguro's Never Let Me Go. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul Fikri_A33213065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini meenjelaskan salah satu novel karya Kazuo Ishiguro yang berjudul Never Let Me Go. Dimana dalam novel tersebut diceritakan tentang para manuasia kloning yang dipaksa untuk mendonasikan organ mereka untuk manusia normal yang membutuhkan. Karena tujuan hidup yang demikian tidak pernah diceritakan kepada mereka, sehingga ketika menginjak usia remaja mereka mulai membayangkan berbagai hal yang akan terjadi dalam hidup mereka dimasa depan. Hingga pada akhirnya mereka mengetahui fakta bahwa hal-hal tersebut tidak akan pernah tercapai, dan impaian serta usaha-usaha mereka hanya menjadi kesia-siaan. Pengalaman yang demikian digambarkan oleh ketiga tokoh utama dalam novel, yaitu; Kathy, Tommy, dan Ruth. Ada dua pertanyaan dalam penelitian ini, yakni; (1) Apa yang membuat kehidupan para tokoh utama menjadi absurd? (2) Bagaimana sikap ketiga tokoh utama menghadapi absurditas yang mereka hadapi dalam hidup? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan penggambaran tentang fenomena yang dianalisa. Analisa deskriptif juga diaplikasikan dalam penelitian, karena data yang dikumpulkan oleh penulis dianalisa menggunakan teori absurdisme, kemudian penulis memberi penjelasan terhadap data-data tersebut. Untuk memecahkan kedua masalah tersebut, penulis menggunakan teori absurdisme oleh Albert Camus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hal-hal yang mempengaruhi kehidupan para tokoh utama sehingga menjadi absurd, serta bentuk protes yang berbeda ditunjukkan oleh masing-masing tokoh utama dalam menyikapi absurditas yang mereka hadapi dalam hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Miftahulfikri.key666@gmail.comA33213065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Abuabufanani@yahoo.com2015066904
Subjects: Bahasa Inggris
Keywords: Absurditi; Dystopia; Manusia Klon; Pemberontakan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Miftahul Fikri
Date Deposited: 20 Nov 2020 09:05
Last Modified: 20 Nov 2020 09:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45023

Actions (login required)

View Item View Item