Talent Da'iyah Muda di Yayasan Sekar Mentari: tinjauan teori talent management

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Rani Ainun (2020) Talent Da'iyah Muda di Yayasan Sekar Mentari: tinjauan teori talent management. Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Rani Ainun Masruroh_F12717360.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Informannya yakni Nisa, Rosyidah, Meirina, Junia, Akhada, Mega, Fitri dan para napi. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumenter. Untuk teknik analisis datanya menggunakan analisis domain dengan menggunakan teori talent management sebagai pisau analisisnya. Teknik keabsahan data yang digunakan yakni dengan observasi dan triangulasi data. Hasil penelitian yang didapat adalahimplementasi talent management pada Yayasan Sekar Mentari dinyatakan telah memenuhi seluruh kriteria dalam talent managementmenurut para ahli yakni menetapkan kriteria talenta (talent criteria), menyeleksi group pusat pengembangan talenta (talent pool selection), membuat program percepatan pengembangan talenta (acceleration development program), menugaskan posisi kunci (key position assignment) dan mengevaluasi kemajuan program (monitoring program). Bentuk evaluasi yang dilakukan Yayasan Sekar Mentari tidak hanya secara internal tetapi juga ekternal, yakni evaluasi terhadap da’iyah dan juga pada mad’u (narapidana). Yang kedua yakni cara da’iyah muda sebagai produk talent management Yayasan Sekar Mentari melaksanakan dakwah di Lapas adalah dengan melakukan persiapan (baik persiapan media maupun materi dakwah), materi yang diajarkan tidak hanya bersifat teoritis tapi juga praktis, metode dakwah yang digunakan tidak hanya dengan ceramah, tapi juga bil mujadalah (diskusi) dan bil hal, proses dakwah lebih banyak bersifat aplikatif dan variatif dan yang terakhir para dai’iyah menggunakan sistem evaluasi setelah berdakwah. Untuk saran bagi peneliti selanjutnya alangkah baiknya meneruskan judul penelitian ini dengan sasaran yang berbeda dan lebih dikembangkan teori talent managementnya dengan indikator yang lebih lengkap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Rani Ainunranisyahroni@gmail.comF12717360
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Keywords: Talent management; Talent Da‟iyah Muda.
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rani Ainun Masruroh
Date Deposited: 15 Nov 2020 09:51
Last Modified: 15 Nov 2020 09:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45046

Actions (login required)

View Item View Item