Analisis rahn terhadap praktik gadai sawah dengan sistem pembayaran uang tunai dan hewan ternak di Desa Tawaran Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Himatul (2020) Analisis rahn terhadap praktik gadai sawah dengan sistem pembayaran uang tunai dan hewan ternak di Desa Tawaran Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himatul Khoiriyah_C92216161.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pengumpulan data penelitian melalui wawancara. Wawancara dilakukan terhadap pihak-pihak yang terkait dengan praktik gadai sawah dengan sistem pembayaran uang tunai dan hewan ternaik di desa Tawaran. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik gadai sawah dengan sistem pembayaran uang tunai dan hewan ternak yang dilakukan oleh rahin dan murtahin yang terjadi di Desa Tawaran Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban tidak memenuhi salah satu syarat sah rahn sebagaimana yang telah diatur dalam hukum Islam. Pembayaran hutang berupa hewan ternak yang harus bertambah besar yang harus dibayarkan ra>hin jelas bertentangan dengan hukum Islam. Terlebih lagi barang jaminan dikuasai dan dimanfaatkan oleh murtahin yang mana seharusnya menurut aturan hukum Islam manfaat barang gadai tersebut tetap menjadi milik rahin. Jadi menurut hukum Islam transaksi gadai sawah dengan sistem pembayaran uang tunai dan hewan ternak yang dilakukan masyarakat desa Tawaran kecamatan Kenduruan kabupaten Tuban tidak sesuai dengan aturan hukum Islam. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka pihak yang akan melakukan praktik gadai sawah dengan sistem pembayaran uang tunai dan hewan ternak disarankan: Pertama, seharusnya hutang berupa ternak yang berupa Sapi betina ditaksir dengan sejumlah uang agar apabila dikemudian hari ra>hin ingin membayar hutangnya bisa menggunakan Sapi betina seharga hutang Sapi yang diberikan oleh penerima gadai ketika perjanjian berlangsung. Kedua, hendaknya tokoh masyarakat dan tokoh agama berkenan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat awam mengenai hal-hal yang berhubungan dengan muamalah yang sesuai aturan hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Himatulkhoiriyahima01@gmail.comC92216161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJaelani, Imam Amrusisriamrusi@yahoo.co.id2003017002
Subjects: Gadai
Keywords: Gadai; Bagi Hasil; Gadai sawah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Himatul Khoiriyah
Date Deposited: 16 Nov 2020 06:59
Last Modified: 16 Nov 2020 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45062

Actions (login required)

View Item View Item