Implementasi Tahfizh Al-Qur'an dengan Metode Talaqqi dalam mencapai target hafalan pada siswa jalur mandiri dan prestasi di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pranata, Muhammad Ikmal (2020) Implementasi Tahfizh Al-Qur'an dengan Metode Talaqqi dalam mencapai target hafalan pada siswa jalur mandiri dan prestasi di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ikmal Pranata_F02318094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti telah melakukan sebuah survei disebuah lembaga pendidikan yang memiliki dua macam siswa yang berbeda dan siswa tersebut mengalami kesulitan dalam menghafalkan al-Qur’an dengan metode ilham, serta belum bisa mencapai target hafalan yang ditentukan, maka oleh pihak sekolah dirubah menjadi metode talaqqi yang mana bisa dilakukan dengan mudah oleh semua siswa SMP jalur mandiri dan jalur prestasi. Dan peneliti ingin menyampaikan bahwa Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1. Bagaimana Implementasi tahfidz al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi 2. Bagaimana capaian target hafalan siswa jalur mandiri dan prestasi dengan penggunaan metode talaqqi 3. Apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan metode talaqqi dalam penerapan tahfidz al-Qur’an di sekolah ICMBS. Selanjutnya peneliti menggunakan metode penelitian ini dengan metode penelitian kualitatif, yang mana data penelitian tersebut peneliti dapatkan dari hasil observasi, dokumentasi dan interview. Adapun dari hasil penelitian yang peneliti dapatkan bisa di petik menjadi beberapa intisari: 1. Bahwa implementasi tahfizh yang diterapkan di sekolah ICMBS dengan menggunakan metode talaqqi sangatlah bagus. 2. Untuk pencapaian target hafalan siswa jalur mandiri dan prestasi sama-sama bisa mencapai target hafalan yang di tentukan oleh pihak sekolah ICMBS. 3. Setiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan, untuk metode talaqqi memiliki kekurangan bahwa adanya ustadz atau pembina tahfdiz tidak hadir maka siswa yang ingin menyetorkan hafalan atau mengoreksikan hafalannya menjadi terhambat, dan untuk kelebihan metode ini siswa lebih mudah untuk menghafalkan al-Qur’an dan bisa memperbagus bacaan siswa yang masih banyak kesalahan ketika menghafalkan al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pranata, Muhammad Ikmalmuhammadikmal312@gmail.comF02318094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch. Tolchahmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hafalan
Al Qur'an
Keywords: Implementasi Tahfidz Metode Talaqqi; Capaian Target Hafalan; Kelebihan dan Kekurangan Metode Talaqqi.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ikmal Muhammad Ikmal Pranata Ikmal
Date Deposited: 17 Nov 2020 11:32
Last Modified: 17 Nov 2020 11:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45065

Actions (login required)

View Item View Item