Metode Dakwah Da’i Intelektual Nusantara Network ‘Dinun’ dalam Peningkatan Kompetensi Da’i di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Meiliawati, Dyah (2020) Metode Dakwah Da’i Intelektual Nusantara Network ‘Dinun’ dalam Peningkatan Kompetensi Da’i di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Meiliawati_B01216012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode dakwah yang diterapkan oleh DINUN dalam meningkatkan kompetensi pendakwah. Ada lima informan kunci dalam penelitian ini untuk mendapatkan data kualitatif. Dalam hal ini, peneliti menggunakan purposive sampling melalui teknik snowball. Data yang dikumpulkan dalam bidang ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian telah mengungkapkan bahwa sehubungan dengan peningkatan kompetensi metodologi da'i, DINUN mengadakan berbagai pelatihan seperti membuat konten dan videografi untuk pengarusutamaan Islam moderat, pelatihan berbicara di depan umum untuk santri. Selain itu, kompetensi metodologis yang diajarkan kepada santri menyangkut peningkatan keterampilan komunikasi, mengenali dan mengidentifikasi masalah objek dakwah, serta kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi. Sementara itu, kompetensi substantif yang diajarkan oleh DINUN terkait dengan cara berpikir dalam memahami ajaran agama dan memahami pengetahuan dengan benar. Selanjutnya, metode DINUN untuk meningkatkan kompetensi dakwah disampaikan dengan beberapa metode, yaitu bil-hal, bil-qalam, dan bil-lisan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Meiliawati, Dyahdyahmeilia@gmail.comB01216012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087301
Subjects: Penyiaran Islam
Keywords: Metode Dakwah;Kompetensi Metodologis; Kompetensi Subtantif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dyah Meiliawati
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:25
Last Modified: 17 Dec 2020 23:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45076

Actions (login required)

View Item View Item