Esensi Proporsi Kaligrafi Islam terhadap peradaban Seni Rupa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Fitroh, Muhammad Hafidz (2020) Esensi Proporsi Kaligrafi Islam terhadap peradaban Seni Rupa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hafidz Al Fitroh_A92216137.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis deksriptif. Melalui pendekatan ini penulis berusaha mendeskripsikan tentang sejarah kaligrafi Islam mulai dari zaman Nabi Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam, Khulafaur Rasyidin, Dinasti Umayyah, hingga Dinasti Abbasiyah yang mana pada zaman tersebut munculnya penemu proporsi kaligrafi Islam yakni Ibnu Muqlah dan dilanjutkan oleh Ibnu Bawwab. Adapun teori yang digunakan adalah teori challange dan respons yang dikemukakan oleh Arnold. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan menempuh beberapa tahapan, yakni: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Perjalanan tradisi tulis menulis dari Nabi Muhammad shallallahu „alaihi wa sallam, Khulafaur Rasyidin, Dinasti Abbasiyah hingga Dinasti Umayyah yang mana pada Dinasti Umayyah ditemukanya proporsi huruf kaligrafi Islam. 2) Pentingnya proporsi kaligrafi Islam dengan ditemukannya metode lingkaran oleh Ibnu Muqlah dan dilanjutkan oleh Ibnu Bawwab sebagai penemu metode bujur sangkar. Mencontohkan juga seniman Alberti dan Leonardo Da Vinci yang membahas mengenai seni lukis dengan proporsi yang mereka kemukakan. 3) Analisis dari beberapa karya Ibnu Muqlah, Ibnu Bawwab, dan Muhammad bn As`ad yaitu guru dari Ibnu Bawwab membuat setiap karya semakin indah dengan menggunakan proporsi huruf kaligrafi Islam tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Fitroh, Muhammad Hafidzhafidzfitroh88@gmail.comA92216137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com2020017503
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Proporsi; Kaligrafi Islam; Analisis Karya.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Al Fitroh Muhammad Hafidz
Date Deposited: 12 Dec 2020 01:36
Last Modified: 12 Dec 2020 01:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45102

Actions (login required)

View Item View Item