Penguatan ekonomi masyarakat melalui ekowisata Desa Perspektif Maqasid Shari'ah: studi kasus di Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imaniyah, Sri (2020) Penguatan ekonomi masyarakat melalui ekowisata Desa Perspektif Maqasid Shari'ah: studi kasus di Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Imaniyah_G94216205.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian data, dan terakhir ditarik menjadi kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di Desa Jambu menunjukkan bahwa bentuk penguatan ekonomi masyarakat melalui ekowisata desa terdiri dari unsur pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan sumber daya lokal. Implementasi dari kedua unsur tersebut adalah masyarakat setempat diberikan peluang usaha yaitu menempati beberapa posisi pekerjaan dengan tujuan untuk memperoleh tambahan pendapatan dan memperkuat perekonomiannya. Selain itu, penguatan ekonomi yang dilakukan juga sebagai sarana untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar dan budaya masyarakat Desa Jambu. Implikasi ekowisata desa terhadap penguatan ekonomi masyarakat di Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul perspektif maqasid shari’ah berdampak pada harta (al-mal) karena masyarakat terbantu secara ekonomi dengan terbukanya lahan kerja, selanjutnya keturunan (an-nasl) yaitu dengan ekowisata desa dijadikan sebagai media untuk mempersiapkan keturanan yang sehat jasmani dan rohani, akal (al-aql) karena ekowisata dijadikan media untuk memperoleh ilmu pengetahuan, jiwa (an-nafs) karena adanya pendapatan maka masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya sehingga terhindar dari kebinasaan (kelaparan), dan yang terakhir adalah agama (ad-din) yaitu melalui ekoiwisata desa dapat dijadikan sebagai sarana untuk memupuk rasa persatuan antar warga desa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi semua pihak terkait untuk terus bersinergi dalam melakukan pengembangan ekowisata desa agar lebih maju dan berkembang tanpa meninggalkan konsep ekowisata itu sendiri yaitu konservasi lingkungan. Sehingga dampak ekowisata dapat dirasakan semua masyarakat. Menggunakan indikator maqasid shari’ah sebagai patokan dalam pengembangan maka dapat mendorong upaya penguatan ekonomi masyarakat sehingga tercapainya kesejahteraan masyarakat baik dunia maupun akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imaniyah, Srianiimaniyah4@gmail.comG94216205
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwaznaauvaria@gmail.com2028038601
Subjects: Ekonomi Islam
Masyarakat
Pariwisata
Keywords: Penguatan Ekonomi; Ekowisata Desa; Maqasid Shari’ah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sri Imaniyah
Date Deposited: 22 Dec 2020 12:46
Last Modified: 22 Dec 2020 12:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45103

Actions (login required)

View Item View Item