Impelementasi Islam wasathiyah di kalangan Gerakan Pemuda ANSOR Kab. Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Mohamad Rizal (2020) Impelementasi Islam wasathiyah di kalangan Gerakan Pemuda ANSOR Kab. Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Rizal Maulana_E01213046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Studi ini mengkaji Implementasi Islam wasathiyah di Kalangan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sidoarjo. Wasathiyah adalah dianggap menjadi solusi mengatasi persoalan gerakan ekstrem baik pergerakan maupun pemikiran. Islam wasathiyah ialah keunikan ciri khas islam yang manjadi inspirasi muslim internasional. Penulis mengkaji dan menganalisis implementasi Islam Wasathiyah di Kalangan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sidoarjo dengan rumusan masalah , Bagaimana Prinsip Islam Wasathiyah ? dan Bagaimana implementasi Islam Wasathiyah di Kalangan Gerakan Pemuda Ansor Kab. Sidoarjo?. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang lebih menekankan pada analisisnya dengan objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data di lapangan,. Analisis data menggunakan teknik analisis data model Model Miles and Huberman dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan memverifikasi data untuk diambil kesimpulannya. Temuan dihasilkan oleh penulis dalam penelitian ini ialah Prinsip Islam Wasathiyah meliputi tawassuth, tawazun, i’tidal, tasamuh, musawah, dan Syura’ adalah sikap jalan tengah dalam mengatasi permasalahan yang dialami dengan menghargai perbedaan pandangan, pergerakan dan kelompok. Dalam mengambil keputusan berimbang antara keputusan duniawi dan ukhrawi , tidak melakukan diskriminasi perbedaan kepada orang lain yang dapat menyebabkan perbedaan keyakinan , agama, tradisi dan kelompok masyarakat. Permasalahan dalam aspek apapun dilakukan dengan musyawarah untuk kesepakatan bersama. Maka Islam akan menunjukkan citra Islam Rahmatan lil Alamiin. Implementasi Islam Wasathiyah di Kalangan Gerakan Pemuda Ansor Kab. Sidoarjo ialah (1) menanamkan nilai Islam aswaja dengan mengadakan Pelatihan Kader Dasar yakni tawassuth, tasamuh, tawazun, i’tidal, musyawarah dan syura’. Sebab prinsip ini merupakan cara berfikir wasathiyah dan ansor memaknai wasathiyah sebagai ideologi ahlussunnah wal Jamaah. (2) Contoh Islam Wasathiyah dengan implementasi Penolakan pengajian Khaled Bassalamah, sikap tawassuth inilah Gerakan Pemuda Ansor selalu mengambil jalan tengah dengan tabayyun (klarifikasi) kepada panitia, tetap dilaksanakan dengan penceramah lain. Karena isi pengajian ini menyudutkan kaum tertentu dan mudah menyebabkan permusuhan antar sesama. Karena Komitmen Ansor adalah menjaga realitas kebhinekaan dari perusak Republik Indonesia dan Melindungi masyarakat dari ajaran menyimpang yang tidak sesuai konteks budaya tradisi lokal saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Mohamad Rizalmaulanarizal60@gmail.comE01213046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadzamzami81@yahoo.com2015098101
Subjects: Sejarah > Islam
Keywords: Kementerian Agama RI: Pedoman Impelementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam; Implementasi; Gerakan Pemuda Ansor; Islam Wasathiyah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mohamad Rizal Maulana
Date Deposited: 12 Apr 2021 22:21
Last Modified: 12 Apr 2021 22:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45107

Actions (login required)

View Item View Item