Model Konseling Multikultural dalam membangun toleransi umat beragama di Desa Oe Ekam Nusa Tenggara Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Venna (2020) Model Konseling Multikultural dalam membangun toleransi umat beragama di Desa Oe Ekam Nusa Tenggara Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Venna Kurniawati_B9321609.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja perbedaan budaya pada masayarakat islam, katolik dan kristen?. 2) Apa keunikan budaya masyarakat di desa Oe Ekam?. 3) Masalah apa yang berpotensi muncul di desa Oe Ekam?. 4) Apa saja yang di lakukan pemimpin islam dalam mengembangkan budaya toleran ? Dalam menjawab rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif tetang fenomena model konseling multikultural dalam membangun toleransi yang di peroleh berdasarkan hasil analisis pengalaman pribadi peneliti saat berada dalam kegiatan KKN Nusantara di NTT (Nusa Tenggara Timur). Disamping itu peneliti juga menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan hasil dari proses penelitian ini. Model konseling multikultural dalam membangun toleransi umat beragama di desa Oe Ekam, Amanuban Timur, Nusa Tenggara Timur tidak lain ialah mengesampingkan perbedaan untuk memiliki sikap saling menghargai dan menghormati antara agama yang berbeda. Sedangkan untuk memunculkan sikap toleransi beragama itu sendiri melalui ketaqwaan kita kepada Allah yang semakin melekat di qolbu (hati) dan akan lahir rasa persaudaraan yang universal antar umat manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Vennavennakurniawati2222@gmail.comB93216099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac.id2017057902
Subjects: Agama
Adat
Keywords: Konseling multikultural ;Toleransi beragama.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Venna Kurniawati .
Date Deposited: 29 Nov 2020 13:29
Last Modified: 29 Nov 2020 13:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45124

Actions (login required)

View Item View Item