الْكَلاَمُ الْإِنْشَائِيُّ الطَّلَبِيُّ فِي القِصَّةِ الْقَصِيْرَةِ "أَنَا اْلمَوْتُ" لِتَوْفِيْقٍ الْحَكِيْمِ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syamsuddin, Muh. Khamim (2020) الْكَلاَمُ الْإِنْشَائِيُّ الطَّلَبِيُّ فِي القِصَّةِ الْقَصِيْرَةِ "أَنَا اْلمَوْتُ" لِتَوْفِيْقٍ الْحَكِيْمِ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Khamim Syamsuddin_A91216135.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam ilmu balaghah, Kalam Insya’i terbagi menjadi dua bagian yaitu Kalam Insya’i Thalabiy dan Kalam Insya’i ghairu Thalabiy. Kalam Insya’i Thalabiy adalah kalam yang pembicaraannya tidak bisa disebut sebagai orang yang dusta atau sebagai orang yang benar. Adapun pentingnya Kalam Insya’i Thalabiy yaitu dapat mengetahui kalimat-kalimat yang diucapkan oleh seseorang dan makna-makna dari kalimat atau ucapan tersebut. Adapun fokus permasalahan dalam skripsi ini adalah : (a) bagaimana bentuk Kalam Insya’i Thalabiy dalam cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim? (b) bagaimana makna Kalam Insya’i Thalabiy dalam cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim? Metode yang digunakan untuk mengkaji penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisa stilistika (Balaghah). Penggunaan metode tersebut bertujuan agar menemukan bentuk dan makna yang terdapat dalam cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim. Berdasarkan dari analisis dapat diperoleh Kalam Insya’i Thalabiy dalam cerpen “Ana al-Maut” karya Taufiq al-Hakim dengan lima bentuk yang berbeda-beda antara lain : 23 Amr (perintah), 5 Nahy (larangan), 42 Istifham (pertanyaan), 7 Tamanni (angan-angan), 9 Nida’ (panggilan). Adapun maknanya juga berbeda-beda antara lain : 23 Amr meliputi (1 makna haqiqi,2 dua’, 1 Ta’jiz, 6 isrsyad, 1 Takhyir, 11 Iltimas, 1 Ibahah) dan 5 Nahy meliputi : (1 Irsyad, 4 Iltimas) dan 42 Istifham meliputi : (35 makna haqiqi, 2 Taqrir, 1 Tamanni, 2 Taqrir) dan 7 Tamanni meliputi (7 makna haqiqi) dan 9 Nida’ meliputi : (8 makna haqiqi, 1 Tahassur)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syamsuddin, Muh. Khamimkhamim361@gmail.comA91216135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKharisuddin, Kharisuddinkharisuddinaqib@yahoo.co.id2017076802
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan
Keywords: Makna-makna dan bentuk-bentuk Kalam Insya’i; cerpen “Ana al-Maut”.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muh. Khamim Syamsuddin
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:08
Last Modified: 23 Nov 2020 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45137

Actions (login required)

View Item View Item