Relevansi Asbāb Al-Nuzūl dalam Tafsir Āyāt Al-Aḥkām karya Abil Fadhol as-Senory

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfi, Ahmad Musonnif (2020) Relevansi Asbāb Al-Nuzūl dalam Tafsir Āyāt Al-Aḥkām karya Abil Fadhol as-Senory. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Musonnif Alfi_F025181882.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penafsiran al-Qur`an tidak mungkin tanpa memahami sebab turunnya, termasuk juga tafsir Aḥkām. Dalam hal ini tampaknya Abil Fadhol juga menggunakan teori Asbāb al-Nuzūl untuk menafsirkan ayat dalam karya tafsirnya Āyāt al-Aḥkām yang diklaim sebagai tafsir Aḥkām pertama di Indonesia. Misalnya penafsirannya pada QS. al-Nisā ayat 43, walaupun dipaparkan sebab turunnya, namun tampaknya tidak berpengaruh pada hasil penafsiran ayat. Berbeda dengan penafsirannya pada QS. al-Baqarah ayat 222 yang juga menyebutkan sebab turunnya untuk memperkuat makna ayat. Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana penafsiran Abil Fadhol atas ayat-ayat hukum dan relevansi Asbāb al-Nuzūl-nya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan siyāq (konteks). Pendekatan dimaksud bertujuan menemukan relevansi riwayat Asbāb al-Nuzūl dengan makna ayat. Langkah yang dilakukan adalah membaca secara menyeluruh dan mendalam tafsir Āyāt al-Aḥkām, kemudian meletakkannya dalam konteks sebab turunnya, bagaimana makna dan konteks serta relevansi ayat-ayat tersebut. Pemahaman makna ayat dikonfirmasikan kepada maksud ayat dengan mempertimbangkan ayat sebelum dan sesudahnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi Asbāb al-Nuzūl dengan makna ayat dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama, ayat dengan satu sebab yang semuanya relevan sebagai penguat makna. Kedua, Ayat dengan sebab ganda, QS. al-Nisā ayat 43, asbāb al-Nuzūl yang digunakannya relevan berdasarkan konteks ayat dan mengeliminir riwayat lain. Dua asbāb al-Nuzūl QS. al-Baqarah ayat 222 dipaparkan Abil Fadhol tanpa adanya tarjih, namun konteks ayat menunjukkan relevan pada salah satunya. QS. al-Baqarah ayat 198, konteks ayat menolak asbāb al-Nuzūl yang digunakan Abil Fadhol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfi, Ahmad Musonnifmusonnif.alfi@gmail.comF02518188
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisoriffah, Iffahbintimuzammil@gmail.com2013076901
Thesis advisorMusafa'ah, Suqiyahsuqiyah@uinsby.ac.id2027036301
Subjects: Filologi
Tafsir
Keywords: Asbāb al-Nuzūl; Siyāq; Tafsir Ayāt al-Aḥkām; Abil Fadhol as-Senory.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Musonnif Alfi
Date Deposited: 20 Nov 2020 06:59
Last Modified: 20 Nov 2020 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45145

Actions (login required)

View Item View Item