Analisis implementasi competitive strategy Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam perspektif etika bisnis islam pada Fajar Jaya Group Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nurul (2020) Analisis implementasi competitive strategy Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam perspektif etika bisnis islam pada Fajar Jaya Group Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Aini_G94216197.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui competitive strategy yang diterapkan oleh Fajar Jaya Group Sidoarjo sesuaikah dengan etika bisnis Islam. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara langsung kepada narasumber yaitu pemilik toko (owner), para pengurus setiap bidang usaha, karyawan, dan konsumen dari Fajar Jaya Group Sidoarjo, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa competitive strategy yang diterapkan oleh toko Fajar Jaya Group Sidoarjo sesuai dengan strategi generik menurut Michael R. Porter yaitu pertama, strategi diferensiasi meliputi pertama aspek kualitas pelayanan seperti pelayanan konsultasi gratis, memperbolehkan konsumen memilih barangnya sendiri, memperbolehkan konsumen menukar barang salah beli, memberi garansi, dan menjelaskan kekurangan, kelebihan, serta memberikan rekomendasi barang berkualitas. Kedua, aspek kualitas produk dengan mengecek produk sebelum dijual, menjaga kebersihan kain terop, serta pemasangan terop dengan rapi. Ketiga, aspek operasional meliputi SDM yang berpengalaman, pengiriman barang dengan cepat, dan sistem order online. Selanjutnya strategi kepemimpinan biaya menekankan pada penetapan harga lebih terjangkau dibandingkan pesaing, memperhatikan harga pasaran, penetapan harga dengan tawar menawar dan mencari agen yang murah. Terakhir, strategi fokus dengan menfokuskan toko fotocopy pada para pelajar, toko bangunan pada masyarakat awam, dan persewaan terop untuk kalangan menengah ke atas karena berada di lingkungan perumahan. Selain itu pemasaran juga melalui online dan menjalin kerjasama dengan beberapa pihak dan memberi bagi hasil jika mampu mendapatkan konsumen. Semua strategi bersaing yang diterapkan dalam kegiatan bisnis Fajar Jaya Group Sidoarjo telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yang dicontohkan oleh Rasulullah yaitu shiddiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Adapun saran yang dapat menjadi masukan pada Fajar Jaya Group Sidoarjo yaitu untuk meningkatkan layanan kolsultasi dengan langsung datang ke lokasi, menambah variasi dan model baru dalam usaha persewaannya, Mencatat segala masukan tentang kebutuhan dari konsumen untuk dijual, Pemasaran persewaan alat-alat pesta dan sound system melalui media sosial untuk lebih difungsikan lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Nurulaininurul1252@gmail.comG94216197
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Jual Beli
Keywords: Competitive Strategy; Etika Bisnis Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Aini
Date Deposited: 22 Nov 2020 01:48
Last Modified: 22 Nov 2020 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45155

Actions (login required)

View Item View Item