Konseling Islam dengan terapi istighfar untuk menghilangkan kebiasaan mengumpat pada seorang remaja di Kecamatan Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhtarom, Muhammad Maulana (2020) Konseling Islam dengan terapi istighfar untuk menghilangkan kebiasaan mengumpat pada seorang remaja di Kecamatan Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Maulana Muhtarom_B03216023 Lampiran Skripsi.docx

Download (5MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam penelitian skripsi ini yakni: (1) Bagaimana Proses Konseling Islam Dengan Terapi Istighfar untuk Menghilangkan Kebiasaan Mengumpat Pada Seorang Remaja di Kecamatan Benowo Surabaya? (2) Bagaimana Hasil Konseling Islam Dengan Terapi Istighfar untuk Menghilangkan Kebiasaan Mengumpat Pada Seorang Remaja di Kecamatan Benowo Surabaya? Peneliti menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, data dianalisa dengan teknik analisis deskriptif dengan membandingkan sebelum dan sesudah proses terapi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses terapi istighfar memiliki beberapa tahapan, yakni: 1. Ideentifikasi Kasus, 2. Diagnosis, 3. Prognosis, 4. Terapi, 5. Evaluasi. Hasil akhir dalam penelitian ini tergolong berhasil karena dapat memenuhi lima indikator keberhasilan. Hal ini dapat dilihat melalui perubahan pada diri konseli ke arah yang lebih baik. Kebiasaan mengumpat pada konseli secara perlahan-lahan mulai menghilang meskipun belum sepenuhnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhtarom, Muhammad Maulanamaulanaapekots@gmail.comB03216023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac id2017057902
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Islam; Terapi Istighfar; Mengumpat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Maulana Muhtarom
Date Deposited: 23 Nov 2020 11:19
Last Modified: 23 Nov 2020 11:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45169

Actions (login required)

View Item View Item