Konseling Islam dengan terapi Dzikir untuk menangani Kecanduan Rokok pada seorang remaja di Desa Kajeksan, Tulangan, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

mubarochah, lailatul (2020) Konseling Islam dengan terapi Dzikir untuk menangani Kecanduan Rokok pada seorang remaja di Desa Kajeksan, Tulangan, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Mubarochah_B03216016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana proses Konseling Islam dengan Terapi Dzikir dalam Menangani Kecanduan Rokok pada Seorang Remaja di Desa Kajeksan Kecamatan Tulangan Sidoarjo? (2) Bagaimana hasil akhir Konseling Islam dengan Terapi Dzikir dalam Menangani Kecanduan Rokok pada Seorang Remaja di Desa Kajeksan Kecamatan Tulangan Sidoarjo? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang didapatkan di lapangan dianalisis menggunakan analisis komparatif. Proses konseling Islam dengan menggunakan teknik dzikir untuk menangani kecanduan rokok pada remaja, dimulai dengan langkah konseling Identifikasi masalah, Diagnosis, Prognosis, Treatment, dan Follow Up.Treatment dengan dua tahap. Pertama mengurangi jumlah rokok yang membuat konseli merasa gelisah. Kedua konselor mengajak konseli untuk berdzikir yang dilakukan setelah shalat magrib sampai isya’untuk menenangkan hatinya. Hasil proses Konseling Islam dengan terapi dzikir, konseli mampu mengurangi jumlah rokok tanpa gelisah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
mubarochah, lailatulmubarochahlailatul@gmail.comB03216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwanalbaar@uinsby.ac.id2003036301
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Islam; Terapi Dzikir; Kecanduan Rokok.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lailatul Mubarochah
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:40
Last Modified: 23 Nov 2020 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45176

Actions (login required)

View Item View Item