Efektivitas penghafalan Al-Quran terhadap santri menstruasi: studi kasus di Ponpes Al-Munawwariyyah Malang dan Al-Hikmatul Hidayah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Rizki Kharirotul (2020) Efektivitas penghafalan Al-Quran terhadap santri menstruasi: studi kasus di Ponpes Al-Munawwariyyah Malang dan Al-Hikmatul Hidayah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Kharirotul Fitriyah_E03216038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian iniamerupakan penelitian livingaquran yang meneliti efektivitas penghafalan Alquran terhadap wanita menstruasi di ponpes Al-Munawwariyyah dan Al-Hikmatul Hidayah. Pondok pesantrenn Al-Munawwariyyah ini memiliki basis tahfidzul quran dan juga memperbolehkan santrinya menambah hafalan ketika menstruasi, sedangkan pondok pesantren Al-Hikmatul Hidayah ini ponpes yang berbasis tahfidzul quran juga, tetapi dalam ponpes ini santrinya tidak diperbolehkan menambah hafalan ketika menstruai. Adapun rumusan masalahadalam penelitian ini, yaitu :abagaimana proses dan penerapanametode dalam menghafal Alquran yang dilakukan santri menstruasi di ponpes Al-Munawwariyyah dan ponpes Al-Hikmatul Hidayah dan bsgsimsns tingkst efektivitas menghafal Alquran alam keadaan menstruasi di ponpes Al-Munawwariyyah. Adapun jenisadari penelitian ini adalah penelittian deskriptif kualitatif, dengan menggunakanateknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam proses pengumpulanadata. Sumber data primernya adalah segala informasi yang diperoleh dari pengasuh pondok, asatidz asatidzh / penyimak , santri putri danaalumni. Dan datta sekundernya adalah data-data santri, dokumen, dan buku yang berkaitan dengan metode menghafal Alquran, buku yangg berkaitan penghambatan wanita ketika menstruasi yang sedang melakukan aktifitas. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa efektivitas penghafalan terhadap wanita yang menstruasi di ponpes Al-Munawwariyyah efektiv. Karena santri di pondok pesantren AL-Munawwariyyah ini tidak merasakan gangguan-gangguan yang semestinya dirasakan oleh wanita yang sedang menstruasi, sehingga mereka tetap efektiv melaksanakan kegiatan setoran hafalan meskipun dalam keadaan menstruasi, juga tetap konsisten menambah hafalan perhari 1 s{ufh{a dan tidak ada pengulangan dilain hari lagi. Juga bisa membiasakan santri tetap selalu nderes / murajaah setiap hari tanpa ada kendala, sehingga nantinya santri ini akan terbiasa dengan hal tersebut dan menjadikanya istiqomah dalam menjaga kalam-Nya.
Kata Kunci : Menghafal Alquan dan Menstruasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Rizki Kharirotulrizkifitriyah667@gmail.comE03216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076901
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Al Qur'an
Wanita
Keywords: Menghafal Alquan dan Menstruasi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rizki kharirotul Fitriyah
Date Deposited: 25 Jan 2021 00:24
Last Modified: 25 Jan 2021 00:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45212

Actions (login required)

View Item View Item