Pengaruh tingkat margin, pengetahuan nasabah, prosedur pembiayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan mengambil pembiayaan murabahah: studi kasus pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nanda, Hanif Arifi (2020) Pengaruh tingkat margin, pengetahuan nasabah, prosedur pembiayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan mengambil pembiayaan murabahah: studi kasus pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanif Arifi Nanda_G04216029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Tingkat Margin, Pengetahuan Nasabah, Prosedur Pembiayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Mengambil Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat margin, pengetahuan nasabah, prosedur pembiayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan murabahah di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisis pada penelitian ini dibantu software SPSS ver.23 dengan menggunakan uji analisis regresi berganda untuk mengetahui apa pengaruh antar variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 60 orang. Data yang diterima yaitu menggunakan kuisioner yang dibagikan secara langsung kepada responden nasabah murabahah KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera yang melakukan pembiayaan murabahah di tahun 2019. Hasil perhitungan SPSS menunjukkan hasil uji hipotesis parsial yang mana tingkat margin dan prosedur pembiayaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah, sedangkan pengetahuan nasabah dan kualitas pelayanan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan nasabah. Hasil uji hipotesis simultan menunjukkan bahwa tingkat margin, pengetahuan nasabah, prosedur pembiayaan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Sedangkan Hasil Uji koefisien determinasi (R-Square) diperoleh hasil sebesar 61,6% yang berarti tingkat margin, pengetahuan nasabah, prosedur pembiayaan dan kualitas pelayanan berpengaruh 61,6% terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan murabahah sedangkan sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran bagi penelitian selanjutnya untuk merubah, menambah jumlah atau jenis variabel serta merubah tempat penelitian, serta bagi KSPPS MBS untuk meningkatkan promosi dan sosialisasi tentang produk-produk KSPPS dan disarankan juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada saat proses pembiayaan baik dari sarana prasarana maupun performa karyawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nanda, Hanif Arifihanifarifinanda13@gmail.comG04216029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Tingkat margin; Pengetahuan nasabah; Prosedur pembiayaan; Kualitas pelayanan; Keputusan nasabah; Murabahah; KSPSS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hanif Arifi Nanda
Date Deposited: 25 Nov 2020 14:03
Last Modified: 25 Nov 2020 14:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45215

Actions (login required)

View Item View Item