Pendampingan Kewirausahaan Pemuda “IMMSED” (Ikatan Muda-Mudi Sejuwet Dempel) Melalui Pemanfaatan Sampah Di Desa Leran Kulon Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Amirotun (2020) Pendampingan Kewirausahaan Pemuda “IMMSED” (Ikatan Muda-Mudi Sejuwet Dempel) Melalui Pemanfaatan Sampah Di Desa Leran Kulon Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amirotun Nabila _ B02216005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pendampingan yang dilakukan ini menggunakan pendekatan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang dalam pengorganisasian para pemuda tersebut dimulai dengan mengubah pola pikir pemuda untuk dapat melihat dan menyadari kembali aset-aset yang dimiliki, sebagai salah satu awal untuk menuju perubahan yang lebih baik. Pendampingan ini mengajak para pemuda untuk mengembangkan potensinya terutama dalam bidang kreativitas dengan memanfaatkan limbah sampah, dalam hal ini yang digunakan adalah sampah plastik. Kreativitas tersebut dapat digunakan untuk mengubah limbah sampah menjadi lebih bernilai ekonomis. Yang nantinya dapat menjadikan pemuda lebih berdaya dengan suatu pendampingan kewirausahaan ini. Dalam aksi ini hasil yang dicapai pada pendampingan yang dilakukan oleh peneliti bersama para pemuda dengan melakukan upaya dalam menuju perubahan baik dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Proses tersebut dilakukan dengan melalui beberapa tahapan, perencanaan hingga pelaksanaan aksi berupa pembuatan kerajinan dari sampah plastic dan pemasaran secara online. Sebagai salah satu teknik yang harus dilakukan untuk menyelesaikan produk yang telah disepakati secara bersama-sama yaitu pembuatan tas dari hasil pemanfaatan limbah sampah tersebut diharapkan pemuda lebih mampu meningkatkan kreativitasnya sebagai solusi dari permasalahan atau dalam memperbaiki keadaan dalam organisasi maupun sosialnya secara mandiri dengan bentuk apapun seperti dengan berwirausaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Amirotunamirotunnabilla24@gmail.comB02216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Daur Ulang
Pemberdayaan
Wirausaha
Keywords: Pendampingan Pemuda; Kewirausahaan; Pemanfaatan Sampah .
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Amirotun Nabila
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:58
Last Modified: 25 Nov 2020 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45216

Actions (login required)

View Item View Item