Pengorganisasian Ibu-Ibu petani tambak dalam meningkatkan perekonomian melalui inovasi pengolahan Ikan Bandeng di Dusun Ujung Timur Desa Randuboto Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Dwi (2020) Pengorganisasian Ibu-Ibu petani tambak dalam meningkatkan perekonomian melalui inovasi pengolahan Ikan Bandeng di Dusun Ujung Timur Desa Randuboto Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Wahyuni_B02216010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang suatu pendampingan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian melalui inovasi pengolahan ikan bandeng yang dipelopori oleh ibu-ibu. Masyarakat Dusun Ujung Timur mengolah hasil tangkapan ikan dengan cara menjual mentah tanpa melakukan inovasi terlebih dahulu. Padahal jika dilakukannya inovasi maka keuntungan yang didapatkan sangat besar karena dapat menarik minat pembeli dengan berbagai macam olahan. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dimana proses penelitian ini mengajak partisipasi aktif masyarakat dan menjadikan masyarakat sebagai subjek, yangmenjadi objek adalah problem yang dihadapi penelitian. Proses penelitian skripsi ini dilaksanakan dengan mengkaji masalah bersama masyarakat hingga proses penyelesaian dari masalah tersebut. Sehingga akan tercipta perubahan sosial masyarakat. Proses pendampingan ini dimulai dari assessment awal, inkulturasi, proses penggalian data, menyimpulkan hasil riset, merencanakan aksi perubahan, pelaksanaan program, mempersiapkan keberlanjutan program, serta monitoring dan evaluasi. Hasil dari penelitian proses pendampingan ini adalah terwujudnya perubahan perilaku dan bertambahnya wawasan masyarakat dalam melakukan inovasi ikan bandeng, yakni dengan adanya proses pendidikan masyarakat tentang inovasi ikan bandeng, pembentukan kelompok inovasi ikan bandeng, serta adanya advokasi terkait program pengolahan ikan bandeng kepada pemerintahan Desa Randuboto Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Dwidwwahyuni3@gmail.comB02216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abd. Mujibamujibadnan@gmail.com2007025902
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan
Keywords: Inovasi; Perekonomian.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dwi Wahyuni
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:18
Last Modified: 25 Nov 2020 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45220

Actions (login required)

View Item View Item