Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills un berdasarkan kriteria Hadar ditinjau dari kecerdasan majemuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningsih, Dwi (2020) Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills un berdasarkan kriteria Hadar ditinjau dari kecerdasan majemuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Wahyuningsih_D04216007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesalahan peserta didik berdasarkan kriteria Hadar dibagi menjadi enam kategori yaitu misused data (kesalahan menggunakan data), misinterpreted language (kesalahan menginterpretasikan bahasa), logically invalid inference (kesalahan menggunakan logika untuk menarik kesimpulan), distorted theorem or definition (kesalahan menggunakan definisi atau teorema), unverified solution (penyelesaian tidak diperiksa kembali), dan technical error (kesalahan teknis). Kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dilatarbelakangi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal, namun faktor internal lebih berpengaruh terhadap kesuksesan belajar. Salah satu faktor internal yang berpengaruh adalah kecerdasan. Setiap peserta didik memiliki banyak kecerdasan di dalam dirinya, namun di antara banyaknya kecerdasan tersebut terdapat satu kecerdasan yang paling menonjol diantara yang lainnya (kecerdasan majemuk). Peserta didik dengan kecerdasan yang berbeda belum tentu melakukan kesalahan yang berbeda juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan peserta didik yang memiliki kecerdasan logis matematis, kecerdasan linguistik, dan kecerdasan spasial dalam menyelesaikan soal higher order thinking skill (HOTS) pada ujian nasional (UN) 2019 berdasarkan kriteria Hadar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari enam peserta didik dengan rincian dua peserta didik dengan kecerdasan logis matematis, dua peserta didik dengan kecerdasan linguistik, dan dua peserta didik dengan kecerdasan spasial berdasarkan hasil angket kecerdasan jamak yang diberikan kepada peserta didik kelas XII SMA Insan Cendekia Mandiri Boarding School (ICMBS). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis soal HOTS UN 2019 dan wawancara. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Jenis kesalahan peserta didik yang memiliki kecerdasan logis matematis dalam menyelesaikan soal HOTS UN 2019 adalah kesalahan menggunakan data, kesalahan menginterpretasikan bahasa, kesalahan menggunakan logika untuk menarik kesimpulan, dan kesalahan menggunakan definisi atau teorema (2) Jenis kesalahan peserta didik yang memiliki kecerdasan linguistik dalam menyelesaikan soal HOTS UN 2019 adalah kesalahan menggunakan data, kesalahan menggunakan definisi atau teorema, dan kesalahan teknis (3) Jenis kesalahan peserta didik yang memiliki kecerdasan spasial dalam menyelesaikan soal HOTS UN 2019 adalah kesalahan menggunakan data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningsih, Dwidwahyuningsih1@gmail.comD04216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Kesalahan peserta didik; Kriteria hadar; Soal HOTS UN;Kecerdasan Majemuk
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dwi Wahyuningsih
Date Deposited: 26 Nov 2020 11:16
Last Modified: 02 Dec 2020 05:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45245

Actions (login required)

View Item View Item