Ruh Manusia Dalam Al-Qur'an Dan Kejawen: studi penafsiran M. Quraish Shihab dalam Perspektif Kejawen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozikin, Mochamad Zainul (2020) Ruh Manusia Dalam Al-Qur'an Dan Kejawen: studi penafsiran M. Quraish Shihab dalam Perspektif Kejawen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Zainul Rozikin_E73213131.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yakni tentang penafsiran M. Quraish Shihab dalam perspektif kejawen. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui penafsiran M. Quraish Shihab dalam perspektif kejawen dan untuk mengetahui persamaan serta perbedaan nya. Mengetahui substansi ruh manusia menurut ulama' mufassirin dan pakar kejawen. Penelitian ini bermanfaat memperluas kajian al-Qur'an dalam perspektif ilmu kejawen, mengetahui substansi ruh sehingga manusia mampu mengenali hakikat dirinya dan sang maha pencipta, serta membuka wawasan baru dalam khazanah Islam dan kejawen terhadap hal-hal abstrak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh datanya. Pengumpulan datanya diolah melalui penelusuran kitab, buku, dan catatan yang memiliki hubungan dan dapat mendukung penelitian. Pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Data yang ditemukan yakni Ruh merupakan suatu hidup yang terdapat pada tubuh manusia yang menjadikan manusia tersebut hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozikin, Mochamad Zainulzainulrozi1795@gmail.comE73213131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjalal, Abdula_djalal@yahoo.co.id2020097004
Subjects: Kebudayaan
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Ruh manusia; Ruh dalam kejawen; Ruh dalam islam; Ilmu Kejawen.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mochamad Zainul Rozikin
Date Deposited: 09 Dec 2020 12:30
Last Modified: 09 Dec 2020 12:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45253

Actions (login required)

View Item View Item