Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi REBT (rational emotive behavior theraphy) untuk meningkatkan sikap disiplin santri dalam menunaikan ibadah sholat shubuh berjamaah di Pondok Pesantren An-Nur Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Futikhah, Faizatul (2020) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi REBT (rational emotive behavior theraphy) untuk meningkatkan sikap disiplin santri dalam menunaikan ibadah sholat shubuh berjamaah di Pondok Pesantren An-Nur Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizatul Futikhah_B03216009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses Bimbingan dan konseling islam dengan Rational Emotive Behavior Therapy untuk meningkatkan kedisplinan shalat subuh berjamaah santri pondok pesantren An-nur? 2) Bagaimana Hasil Akhir Bimbingan dan konseling islam dengan Rational Emotive Behavior Therapy untuk meningkatkan kedisplinan santri dalam menunaikan ibadah Shalat subuh? Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus dan dianalisis dengan menggunakan deskriptif komperatif.pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses Konseling Islam dilakukan dengan langkah-langkah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment dan evaluasi.Treatment yang pertama kali dilakukan oleh peneliti yaitu memperbaiki cara berpikir konseli yang irasional, konselor melatih konseli agar bisa melaksanakan shalat subuh berjamaah. Kemudian konselor memberi motivasi sebagai penguatan terhadap rencana-rencana yang sudah disepakati antara konselor dan konseli. Hasil akhir dari proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi REBT dalam meningkatkan kedisiplinan shalat subuh seorang santri di Pondok Pesantren An-Nur wonocolo Surabaya dalam penelitian ini dikatakan cukup berhasil, yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku konseli menjadi lebih baik seperti sudah mulai mengikuti shalat subuh berjamaah, mengikuti ngaji Al-Qur‟an, tidak pulang larut malam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Futikhah, FaizatulFaezafutikhah15@gmail.comB03216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Sri--195902051986032004
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Teknik REBT; Kedisiplinan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: FAIZA TUL FUTIKHAH
Date Deposited: 29 Nov 2020 13:25
Last Modified: 29 Nov 2020 13:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45261

Actions (login required)

View Item View Item