Terapi Kognitif dengan teknik Cognitive Restructuring untuk menangani trauma pada remaja pasca perceraian di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karisma, Ramadanti (2020) Terapi Kognitif dengan teknik Cognitive Restructuring untuk menangani trauma pada remaja pasca perceraian di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ramadanti Karisma Sari_B93216093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses terapi kognitif dengan teknik cognitive restructuring untuk menangani trauma pada remaja pasca perceraian di Sidoarjo?, (2) Bagaimana hasil proses terapi kognitif dengan teknik cognitive restructuring untuk menangani trauma pada remaja pasca perceraian di Sidoarjo?.Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa deskriptif komperatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan. Dalam menganalisis trauma pasca perceraian data yang digunakan berupa hasil wawancara dan observasi. Dan proses penelitian, tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, dan evaluasi atau follow up.Permasalahan konseli adalah trauma pasca peceraiannya di usia yang sangat muda. Proses konseling dalam menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menggunakan terapi kognitif dengan teknik cognitive restructuring, dengan cara menanggulangi pikiran dari konseli yang bertujuan menghapus atau mengubah pikiran irasional menjadi pikiran yang lebih rasional, menghilangkan trauma pada konseli terutama segala kecemasan dan ketakutan kepada hal yang belum tentu terjadi pada diri konseli. Dan hasilnya cukup berhasil, konseli mengaku sudah tidak memikirkan hal-hal negatif kembali dan berani menghadapi suatu permasalahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karisma, RamadantiRamadantikarisma66@gmail.comB93216093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, LukmanLukmanfahmi21@gmail.com2021117301
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Cognitive restructuring; Trauma; Perceraian.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ramadanti Karisma Sari
Date Deposited: 01 Dec 2020 10:31
Last Modified: 01 Dec 2020 10:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45286

Actions (login required)

View Item View Item