Konseling Islam melalui teknik modifikasi perilaku dengan token ekonomi untuk menangani malas shalat fardhu pada remaja di Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Ruli Ridhotul (2020) Konseling Islam melalui teknik modifikasi perilaku dengan token ekonomi untuk menangani malas shalat fardhu pada remaja di Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ruli Ridhotul Khoiroh_B93216125.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian dalam skipsi ini adalah Bagaimana proses dan hasil pelaksanaan Konseling Islam Melalui Teknik Modifikasi Perilaku dengan Token Ekonomi untuk Menangani Malas Shalat Fardhu pada Remaja di Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Untuk menjawab permasalahan diatas peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, dan menganalisis dengan teknik analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan proses pelaksanaan Konseling Islam di lapangan dengan teori pada umumnya, serta membandingkan keadaan konseli sebelum dan sesudah pelaksanaan Konseling Islam Melalui Teknik Modifikasi Perilaku dengan Token Ekonomi untuk Menangani Malas Shalat Fardhu pada Remaja di Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa proses konseling melalui modifikasi perilaku dengan token ekonomi menggunakan 5 langkah yaitu: identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi dan follow up. Sedangkan hasilnya yakni terdapat perubahan pada diri konseli, yaitu rasa malas yang dialami oleh konseli sudah mulai menurun. Konseli menjadi terbiasa mengerjakan sholat lima waktu tanpa disuruh terlebih dahulu, dan konseli juga mau melaksanakan sholat walaupun tanpa hadiah lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, Ruli Ridhotulruli.ridhotulkhoiroh@gmail.comB93216125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Islam; Token Ekonomi; Sholat Fardhu.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ruli Ridhotul Khoiroh
Date Deposited: 01 Dec 2020 10:48
Last Modified: 01 Dec 2020 10:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45289

Actions (login required)

View Item View Item