Autentisitas tafsir al jilani karya Abd al Qadir al Jilani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abror, A. Kholid Izzul (2020) Autentisitas tafsir al jilani karya Abd al Qadir al Jilani. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A. Kholid Izzul Abror _F02516106.pdf

Download (2MB)

Abstract

”Tafsir al-Jilani” yang dirilis pertama kali pada tahun 2009 silam masih menyisakan problem autentisitas yang cukup serius. Pasalnya, tafsir bergenre sufi falsafi yang berjudul lengkap Al-Fawatih al-Ilahiyyah wa al Mafatih al Ghaybiyyah al Muwadhdhihah li al Kalim al Qur’a niyyah wa al Hikam al Furqa niyyah ini, dari sisi isi dan materinya –misalnya dalam penafsiran ayat sifat-- tidak cocok dengan profil dari ‘Abd al-Qa dir al ji la ni (w. 1166). Ia lebih cocok dengan profil dari tokoh lain bermazhab Hanafi yang bernama Ni’mat Alla h al Nakhjuwa ni (w. 1514). Al Jilani masyhur sebagai penganut mazhab Hanbali yang cenderung tekstualis dan ajarannya pun banyak yang menekankan untuk senantiasa merujuk pada Alquran dan sunah. Sedangkan Tafsir ini sangat filosofis dan relatif tidak sesuai dengan konsepsi ajaran tasawuf al Jilani. Karakteristik gaya bahasa, metode penafsiran, dan sumber penafsiran dari tafsir ini juga tidak sesuai dengan gaya al-Jilani sebagaimana yang terekam dalam kitab-kitabnya yang otoritatif semisal al-Ghunyah. Ditambah lagi, komentar para pakar tafsir dan tokoh tafsir dalam banyak buku ensiklopedia tafsir mereka, semuanya (nyaris) mengatakan bahwa tafsir ini adalah karya dari al-Nakhjuwani. Itulah beberapa temuan dari penelitian ini yang pada akhirnya mengantarkan penulis untuk sampai pada kesimpulan bahwa ”Tafsir al-Jilani” bukanlah buah karya dari al-Jilani. Tafsir ini lebih pas disebut sebagai karya dari al-Nakhjuwani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abror, A. Kholid Izzuljilbaber.lover@gmail.comF02516106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, M. Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir al Jilani; Tafsir sufi falsafi, al Jilani; al Nakhjuwani.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: A. Kholid Izzul Abror
Date Deposited: 01 Dec 2020 12:59
Last Modified: 01 Dec 2020 12:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45290

Actions (login required)

View Item View Item