Analisis yuridis konsep Omnibus Law dalam harmonisasi peraturan Perundang-Undangan di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Nyoman Nidia Sari (2020) Analisis yuridis konsep Omnibus Law dalam harmonisasi peraturan Perundang-Undangan di Indonesia. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nyoman Nidia Sari Hayati_F52218060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara yang menganut sistem hukum civil law memiliki banyak sekali peraturan perundang-undangan mulai pusat sampai daerah. Dampaknya banyak terjadi tumpang tindih peraturan perundang-undangan baik secara vertikal maupun horizontal. Untuk menata peraturan perundang-undangan yang tumpang tindih diperlukan adanya harmonisasi. Konsep omnibus law telah berhasil diterapkan di beberapa negara yang kebanyakan menganut sistem common law, namun Indonesia yang menganut sistem hukum civil law masih baru mengenal istilah ini. Dengan demikian permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimna konsep omnibus law dalam membangun harmonisasi perundangan dan apa saja hambatan yang dialami apabila konsep ini diterapkan di Indonesia.Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan perbandingan (comparative approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Kemudian dilakukan analisis terhadap semua bahan dengan metode deskriptif. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa harmonisasi perundang-undangan sangat penting dilakukan untuk pembangunan hukum dan demi terciptanya kepastian hukum di Indonesia. Namun untuk membuat Undang-Undang dengan konsep omnibus law memerlukan kajian mendalam dan melibatkan banyak pihak demi transparansi pembentukannya dupaya tidak menimbulkan permasalahan- permasalahan dan merugikan publik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, Nyoman Nidia Sarinnsarihayati@gmail.comF52218060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarjiyati, Sriwarjiyatisri@gmail.com2026086802
Thesis advisorMuwahid, Muwahidmuwahidizza@gmail.com2010037801
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Omnibus Law; Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan.
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Hayati Nyoman Nidia Sari
Date Deposited: 02 Dec 2020 03:08
Last Modified: 02 Dec 2020 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45298

Actions (login required)

View Item View Item