Terapi Realitas untuk membantu proses penyesuaian diri seorang santri di pondok pesantren putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Reni (2020) Terapi Realitas untuk membantu proses penyesuaian diri seorang santri di pondok pesantren putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reni Setiawan_B93216094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Terapi Realitas Untuk Membantu penyesuaian diri seorang santri di Pondok Pesantren Putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya? (2) Bagaimana hasil Terapi Realitas untuk membantu Proses penyesuaian diri seorang santri di Pondok Pesantren Putri An-Nuriyah Wonocolo Surabaya? Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisis menggunakan deksriptif komparatif, yakni membandingkan data teori dan data di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada terapi ini menggunakan teknik WDEP ( Wants, Doing, Evaluation, Plans). Hasil terapi realitas untuk membantu proses penyesuaian diri seorang santri di Pondok Pesantren Putri An- Nuriyah Woncolo Surabaya cukup berhasil, bisa dilihat dari adanya perubahan dari sikap perilaku konseli seperti konseli sudah mau mengikuti kegiatan pondok, mengurangi keluar pondok bersama teman kos sampai larut malam, berani meminta bantuan teman kamarnya jika ada perilaku yang kurang baik dan lupa untuk melaksanakan tanggungjawabnya di pondok pesantren, suah mau berkumpul dengan teman kamarnya dan melakukan rencana-rencana yang telah dibuatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Renirenisetiawan010@gmail.comB93216094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abd. Syakurrenisetiawan010@gmail.com2004076603
Subjects: Adab
Anak > Kepribadian
Keywords: Terapi Realitas; Penyesuaian diri dan Santri.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Reni Setiawan
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:50
Last Modified: 18 Dec 2020 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45301

Actions (login required)

View Item View Item