Peran marketplace dalam meningkatkan ekonomi umat: studi pada Ali Dien Marketplace Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Indah Dwi (2020) Peran marketplace dalam meningkatkan ekonomi umat: studi pada Ali Dien Marketplace Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Dwi Safitri_G94216173.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan metode campuran atau mixed methods dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi sesuai kebutuhan peneliti. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah AliDien Marketplace memiliki dua peran, pertama untuk mengedukasi masyarakat luas khususnya bagi Muslim dan para penjual di AliDien tentang pentingnya dan manfaat produk dan jasa yang halal. Selain itu AliDien juga melakukan edukasi product scale-up bagi penjual AliDien. Kedua adalah peran ekonomi, AliDien sebagai salah satu platform e-commerce berpotensi mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Di samping itu peran AliDien terhadap ekonomi umat yaitu membantu promosi dan pemasaran, penjualan dan distribusi, penyebaran informasi kepada konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan transaksi. Terkait kesejahteraan, dampak penggunaan AliDien marketplace membawa perubahan terhadap peningkatan ekonomi (kesejahteraan materi) penjual Muslim namun belum terlalu besar. Akan tetapi memberi pengaruh cukup besar terhadap kesejahteraan non materi (spiritual) penjual Muslim. Mayoritas penjual Muslim merasa lebih merasa tentram atau tenang jika berjualan di AliDien halal marketplace. Selain itu mereka juga merasa ukhuwwah (persaudaraan) di antara umat Islam menjadi lebih kuat. Dengan adanya penelitian ini maka diharapkan AliDien marketplace bisa meningkatkan peran ekonominya, memaksimalkan kegiatan promosi atau pemasaran sehingga dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian negara dan membawa peningkatan ekonomi (kesejahteraan materi) dan kesejahteraan non-materi bagi umat khususnya penjual Muslim AliDien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Indah Dwiindahdwisafitri22@gmail.comG94216173
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsby.ac.id2011036701
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Masyarakat Islam
Keywords: Halal Marketplace; Peningkatan perekonomian; Kesejahteraan.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Dwi Safitri
Date Deposited: 02 Dec 2020 10:56
Last Modified: 02 Dec 2020 10:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45304

Actions (login required)

View Item View Item