Hakikat manusia perspektif teori al-Wahdah al-Qur'aniyyah dalam kitab Al-Asas fi al-Tafsir karya Sa'id Hawwa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya, Rumaisah Murobbiyah (2020) Hakikat manusia perspektif teori al-Wahdah al-Qur'aniyyah dalam kitab Al-Asas fi al-Tafsir karya Sa'id Hawwa. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rumaisah Murobbiyah Auliya_F02518209.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hakikat Manusia Perspektif Teori Al-Wah}dah Al-Qur’a>niyah dalam Kitab Al-Asas fi Al-Tafsir Karya Sa’id Hawwa”, membahas tentang teori al-wahdah al-qur’aniyyah menurut Sa’id Hawwa dan pengaplikasiannya dalam ayat-ayat yang berkaitan dengan manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan teori al-wahdah al-qur’aniyyah menurut Sa’id Hawwa dalam kitab al-Asas fi al-Tafsir; 2) Mendeskripsikan aplikasi teori Sa’id Hawwa tentang al-wahdah al-qur’aniyyah terhadap penafsiran ayat-ayat tentang manusia. Metode serta pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian yaitu metode penelitian tokoh yang merupakan salah satu model penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan yang menggunakan metode deskriptif analitis dalam menganalisis data-data penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu: 1) Pemaknaan ayat-ayat tentang manusia yang luas dan rinci dalam kitab yang diteliti. Melalui al-wahdah al-qur’aniyyah konteks ayat yang dijelaskan dapat diketahui melalui ayat mihwar-nya sehingga didapatkan pemahaman yang utuh dan saling berkesinambungan antara suatu ayat dengan ayat mihwar-nya dan suatu ayat dengan ayat lain dalam satu kelompok surat; 2) Hakikat manusia dalam perpektif Sa’id Hawwa adalah makhluk Allah yang lemah, yang hanya karena kuasa-Nya, ia mampu melihat, mendengar, dan melakukan banyak hal. Potensi kekuatan yang telah Allah berikan harus dipertanggungjawabkan dalam bentuk pelaksanaan ujian dalam kehidupan. Jika potensi tersebut digunakan dengan baik, maka manusia menjadi makhluk yang bersyukur dan bertakwa. Sebaliknya apabila manusia tidak menggunakan potensinya dalam ketaatan dan mencari petunjuk di dalam al-Qur’an, maka ia akan mendapatkan balasannya kelak di akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya, Rumaisah Murobbiyahrumaisah.ma@gmail.comF02518209
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSahid, HM.--2009036804
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076901
Subjects: Tafsir
Keywords: Manusia; al-wahdah al-qur’aniyyah; Sa’id Hawwa.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Lc. Rumaisah Murobbiyah
Date Deposited: 06 Dec 2020 00:39
Last Modified: 06 Dec 2020 00:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45308

Actions (login required)

View Item View Item