Persepsi wali santri tentang Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang baik: studi kasus di TPQ Baitul Muttaqin Sawotratap Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kinasih, Ayu (2020) Persepsi wali santri tentang Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang baik: studi kasus di TPQ Baitul Muttaqin Sawotratap Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Kinasih_D98216030.pdf

Download (2MB)

Abstract

Selayaknya lembaga pendidikan formal yang berperan penting dalam kehidupan, maka lembaga pendidikan non formal seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) juga perlu mendapatkan perhatian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku wali santri dalam memilih sebuah lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) yang baik sebagai tempat belajar baca tulis Al-Qur’an bagi anak-anak khususnya anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi wali santri tentang lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Baitul Muttaqin dan latar belakang TPQ Baitul Muttaqin banyak dipilih oleh wali santri. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, metode survei melalui instrumen angket online serta metode wawancara dan dokumentasi sebagai data pendukung hasil penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik dengan mendeskripsikan data hasil penelitian dan analisis skala likert untuk mengukur persepsi wali santri serta menggunakan aplikasi SPSS versi 16. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil jawaban dari tujuh indikator yang terdapat di dalam pernyataan angket adalah sangat baik. Persepsi wali santri mengenai TPQ Baitul Muttaqin adalah baik dalam segala aspeknya dan wali santri banyak memilih TPQ Baitul Muttaqin sebagai referensi tempat belajar baca tulis Al-Qur’an bagi anak-anak mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kinasih, Ayuayukinasih2801@gmail.comD98216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohprodipiauduinsa@gmail.com2009047302
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto Dwijoalqudusnes@gmail.com197311162007101001
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Politik > Politik Islam > Persepsi Masyarakat
Al Qur'an
Keywords: Persepsi; Wali Santri; Taman Pendidikan Al-Qur’an.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: AYU KINASIH
Date Deposited: 06 Dec 2020 03:26
Last Modified: 06 Dec 2020 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45326

Actions (login required)

View Item View Item