Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL) menggunakan pendekatan Collaborative Problem Solving (CPS) untuk melatih kemampuan berpikir aljabar peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Slawantya, Yusiana Rismatika (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL) menggunakan pendekatan Collaborative Problem Solving (CPS) untuk melatih kemampuan berpikir aljabar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusiana Rismatika Slawantya_D74216115.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir Aljabar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran matematika. Kegiatan belajar peserta didik yang cenderung meniru cara penyelesaian yang dicontohkan oleh guru dengan tanpa memahami soal, membuat peserta didik kurang memiliki kemampuan berpikir Aljabar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi awal pembelajaran materi Aljabar di sekolah, proses mendesain prototipe 1, kevalidan dan kepraktisan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika model Problem Based Learning (PBL) menggunakan pendekatan Collaborative Problem Solving (CPS) untuk melatih kemampuan berpikir Aljabar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi atau kontruksi dan fase tes, evaluasi dan revisi. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo dengan mengambil sampel data kelas XI A dan XI B. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik dokumentasi, teknik catatan lapangan dan teknik angket. Kondisi awal terkait hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo pada materi Aljabar sangat kurang dan untuk proses pembelajaran materi program linear dilakukan dengan memberikan masalah dalam bentuk soal cerita kepada peserta didik untuk diselesaikan secara berkelompok. Selanjutnya, untuk proses mendesain prototipe 1 dilakukan kurang lebih 3 bulan menghasilkan RPP yang memuat model PBL dengan pendekatan CPS. Sedangkan LKPD disusun berdasarkan sintaks model PBL dan disesuaikan dengan indikator kemampuan berpikir Aljabar. Kemudian, perangkat pembelajaran dikatakan sangat valid dan praktis dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP dan LKPD sebesar 4,1276 dan 4,3057.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Slawantya, Yusiana Rismatikayanaa2368@gmail.comD74216115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Berpikir Aljabar; Pendekatan Collaborative Problem Solving; Model Problem Based Learning; Aljabar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: yusiana rismatika slawantya
Date Deposited: 10 Dec 2020 12:44
Last Modified: 10 Dec 2020 12:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45363

Actions (login required)

View Item View Item