Inter relasi al-Qur'an dan budaya dalam tafsir Al-Ibriz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azriani, Alfin Nuri (2020) Inter relasi al-Qur'an dan budaya dalam tafsir Al-Ibriz. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfin Nuri Azriani_F52517160.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alquran diturunkan untuk menjadi sumber utama ajaran Islam dan kitab petunjuk yang otoritatif. Sebagai kitab yang menjadi sumber pedoman ajaran Islam sejak zaman Nabi Muhammad saw hingga akhir zaman, tentunya isi dan ajaran yang terkandung masih bersifat universal atau biasa dikenal dengan kitab yang salih likulli zaman wa makan. Semakin berkembanganya zaman menjadikan persoalan-persoalan yang terjadi di lingkungan masyarakat semakin kompleks sehingga menuntut para mufassir untuk menafsirkan ayat-ayat Alquran sesuai konteks yang terjadi. Keberadaan tafsir tidak bisa lepas dari peran akal, potensi dasar terpenting yang dimiliki manusia sebagai pembentuk kebudayaan. Hal inilah yang disebutkan bahwa adanya proses dialektika antara Alquran dengan budaya. Dalam hal ini penulis bermaksud meneliti bentuk inter relasi antara Alquran dengan budaya Jawa yang terdapat dalam tafsir al-Ibriz. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research). Adapun pola yang digunakan penulis adalah pola adaptasi, integrasi, dan negosiasi. Dengan menggunakan metode di atas, penulis mendapatkan beberapa kesimpulan. Pola adaptasi antara Alquran dan budaya Jawa dalam tafsir al-Ibriz terlihat dari bentuk bahasa yang digunakan dalam menafsirkan ayat. Bisri menggunakan stratifikasi bahasa yang menjadi ciri khas dalam budaya Jawa sebagai bentuk unggah-ungguh untuk mengejawantahkan ayat-ayat Alquran, terutama dalam komunikasi. Pola integrasi terlihat dari adanya penggunaan ungkapan-ungkapan khas Jawa dalam menafsirkan ayat-ayat Alquran yang menggambarkan psikologis masyarakat Jawa. Pola negosiasi terlihat dari adanya akomodasi dan kritik Bisri dalam penafsiran terhadap budaya Jawa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azriani, Alfin Nuriazryanee@gmail.comF52517160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, M. Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Alquran; Budaya; Tafsir; interrelasi.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Azriani Alfin Nuri
Date Deposited: 17 Dec 2020 13:04
Last Modified: 17 Dec 2020 13:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45373

Actions (login required)

View Item View Item